Hari Persahabatan 30 Juli, ini 5 fakta gen XYZ Sukabumi mesti tahu

Winnie the Pooh jadi duta persahabatan PBB.

Gen YZY Sukabumi mesti aware ya, bahwa hari ini 30 Juli diperingati sebagai Hari Persahabatan Internasional. Rasanya di era sekarang ini di mana sosmed begitu dominan dalam kehidupan sehari-hari, dan juga kerap menjadi sumber pertengkaran, maka memperingati Hari Persahabatan menjadi penting, Gaess.

Hari Persahabatan diperingati di berbagai negara di dunia. Kalau di Indonesia, Komnas Perempuan rutin membuat acara untuk memperingatinya. Dengan tema “Berteman dengan Damai,” Komnas Perempuan memperingati Hari Persahabatan dengan berbagai rangkaian acara, kemarin (Minggu, 29 Juli). Di antara rangkaian acaranya ada “perlombaan vocal group,” “pemutaran film pendek ‘Logika Terbalik’,” “performance art oleh komunitas lintas agama,” dan “ikrar persahabatan.”

Ingin tahu lebih banyak tentang Hari Persahabatan? Ini lima faktanya, Gaess.

1. Berawal dari Amerika Selatan

Hari Persahabatan adalah hari untuk merayakan persahabatan. Hari telah dirayakan di beberapa bagian selatan Amerika Selatan negara selama bertahun-tahun, terutama di Paraguay. Pertama kali Hari Persahabatan Internasional diusulkan pada tahun 1958.

Pada tanggal 27 April 2011, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (MU PBB) menyatakan 30 juli resmi Hari Persahabatan Internasional. Namun, beberapa negara, termasuk India, merayakan Hari Persahabatan pada minggu pertama Agustus. Di Oberlin, Ohio, Hari Persahabatan dirayakan pada tanggal 8 April setiap tahun.

BACA JUGA:

5 pesepakbola lamar kekasih usai Piala Dunia 2018, ada idola sportizen Sukabumi?

Ini 5 Sukabumi unik, Gengs

2. Promosi kartu ucapan

Ide Hari Persahabatan awalnya berasal dari seorang Joyce Hall, pendiri Hallmark Cards pada tahun 1930. Kala itu ia berusaha mempopulerkan kartu ucapan untuk sahabat pada tanggal 2 Agustus. Hall juga mendorong tanggal itu sebagai hari libur agar orang bisa merayakannya dengan sahabat-sahabat terdekat.

Hari Persahabatan kemudian dipromosikan oleh kartu ucapan Asosiasi Nasional selama tahun 1920-an. Pada tahun 1940-an produksi kartu ucapan Hari Persahabatan semakin banyak dan semakin banyak negara yang mengakui perayaan Hari Persahabatan sampai ke Asia. Kesempatan ini digunakan untuk memberikan hadiah kepada teman-teman dekat dan orang yang dicintai.

3. Winnie the Pooh jadi duta persahabatan PBB

Untuk menghormati Hari Persahabatan, di tahun 1998 Nane Annan, istri dari Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan, menjadikan Winnie the Pooh sebagai Duta Persahabatan di PBB.

4. Dirayakan secara online

Kini, dengan mewabahnya jejaring sosial, Hari Persahabatan tak hanya dirayakan dengan saling tukar kartu ucapan, tapi dirayakan secara online. Tak hanya dirayakan setiap tanggal 30 Juli, tetapi di sepanjang minggu pertama bulan Agustus.

5. Hari Persahabatan Nasional, 28 Mei

Faktanya hari persahabatan memang dirayakan berbeda-beda di dunia. Nah, kalo di Indonesia  sendiri ada Hari Persahabatan Nasional yang pernah diusulkan pada 28 Mei oleh kalangan alumni SLTA Indonesia angkatan 1986, atau yang disebut anak-anak “Silverian86.” Tujuannya adalah supaya anak-anak sekolah tidak tawuran lagi.

Well, kamu mau merayakan Hari Persahabatan yang mana, Gaess? Kalau bisa sih, tiap hari rayakan Hari Persahabatan sama sahabat-sahabat terbaikmu. Gak masalah, kan. (dari berbagai sumber)

  • 17
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *