Pertama di Indonesia, jalur maut Cikidang Sukabumi dipasang road barrier, cek kuy fungsinya

Memindahkan arah laju mobil atau motor yang menabrak sehingga mengurangi tekanan ke rail.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memasang road barrier atau biasa juga di sebut roller barrier berteknologi silinder putar di tiga ruas jalan rawan kecelakaan di Jawa Barat.

Teknologi dari Negeri Ginseng, Korea Selatan, ini diyakini bisa menjadi solusi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) untuk mencegah kendaraan terperosok ke jurang.

Keputusan ini di sampaikan oleh RK setelah terjadi peristiwa memilukan, di jalur maut Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Berikut lima infonya, Gaess.

1. Bus wisata masuk jurang di jalur Cikidang

Sebuah bus masuk jurang dalam kecelakaan tunggal di jalur Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Total terdapat 37 korban dengan rincian 21 korban tewas dan 16 korban luka. Ke-21 korban bus nahas bernopol B 7025 SAG tersebut adalah karyawan PT Catur Putra Group (CPG), Kota Bogor, dan tewas seketika, Sabtu (8/9/2018) pukul 12.30 WIB siang.

Adapun daftar ke-21 korban tewas di RSUD Palabuhanratu: 1. Masikun Rohman. 2. Syahrudin. 3. Budi Supriadi. 4. Agus Syamsudin. 5. Galih Nurhadi. 6. Prayitno. 7. Nurul Sobah. 8. Doni Andri Pradana. 9. Santi Ropika Sitorus. 10. Dadan. 11. Tagrit Daulat. 12. Fatchudin. 13. Romli. 14. Kustiawati. 15. Remon. 16. Ny Sri. 17. M As’Ari Sibolga. 18. Arman Hermawan. 19. Fajar. 20. Ai Jubaedah. dan 21. Muhamad Darwis (sudah langsung dibawa pulang pihak keluarga ke Cikakak, Kabupaten Sukabumi).

2. Status RK

3. Anggaran di APBD Perubahan 2018

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jabar, Dedi Taufik, mengatakan telah mempelajari road barrier yang diperlihatkan Ridwan Kamil dalam instagramnya tersebut. Nama road barrier itu adalah safety road, yakni guard rail namun di tengahnya diberi semacam kumparan yang bisa berputar.

“Gunanya kumparan tersebut adalah untuk memindahkan arah laju mobil atau motor yang menabrak sehingga mengurangi tekanan ke rail,” jelas Dedi seperti dikutip dari tribunnews.com.

Ditambahkannya, alokasi anggaran di APBD Perubahan 2018. “Kita pasang di tempat-tempat rawan kecelakaan, seperti Tanjakan Aman di Subang, Tikungan Cikidang di Sukabumi, dan Leuweungtiis di Garut,” katanya, Rabu (12/9).

Dedi mengatakan, road barrier tersebut dapat membelokkan energi dari kendaraan yang menabrak, sehingga tidak terus meluncur masuk ke jurang, tapi energinya teredam sehingga kecepatan kendaraan melambat dan berbelok kembali ke jalan.

BACA JUGA:

Habibi, Dini, dan 5 tanjakan maut di Sukabumi

21 tewas dalam kecelakaan bus di Jalur Cikidang Sukabumi, ini 5 faktanya

Hindari Jalur Cikidang-Sukabumi, dihimbau tak pakai Google Map, ini 5 infonya

4. Pekerjaan pemasangan road barrier

Kamis (13/12/2018), Tim Dishub Jawa Barat bersama tenaga ahli dari Korea Selatan melakukan survei pemasangan road barrier.

Jalur maut Cikidang sendiri akan menjadi lokasi pertama pemasangan road barrier di Indonesia. Rencananya, RB akan dipasang sepanjang 60 meter dekat dengan lokasi kecelakaan yang terjadi pada September 2018 lalu.
.
5. Video fungsi road barrier

Nah, Gengs, walaupun sudah dipasang road barrier, hati-hati dan tetap disiplin berlalu lintas, tetaplah yang utama ya. (dari berbagai sumber)

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *