Buat milenial Sukabumi siswa SMA kelas 3, ini 5 aturan main baru SBMPTN 2019

Kalau dulu ada seleksi ujian tulis berbasis cetak (UTBC) dan berbasis Android, tahun ini tidak ada.

Info ini terutama penting sekali buat kalian Gengs, yang saat ini duduk di kelas SMU atau SMK kelas 3. Penting juga buat siapa saja yang pengen masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur Seleksi Bimbingan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Seperti pernah diberitakan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menerapkan kebijakan baru untuk SBMPTN dan berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru 2019.

Ketua Panitia SBMPTN 2018 sekaligus Rektor Universitas Sebelas Maret Ravik Karsidi seperti dikutip dari Antara mengatakan, “Kalau dulu ada seleksi ujian tulis berbasis cetak (UTBC) dan berbasis Android, tahun ini tidak ada.” Ravik juga menambahkan, UTBC dan sistem ujian dengan Android itu tahun 2019 diubah menjadi ujian tulis berbasis komputer atau UTBK.

Berikut lima hal yang membedakan UTBK dengan sistem ujian masuk SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

1. Hari pelaksanaan Maret hingga Mei

Berbeda dengan tes-tes masuk ujian pada umumnya, UTBK tahun 2019 digelar selama 24 hari. Ujian akan dilaksanakan mulai bulan Maret sampai Mei tiap hari Sabtu dan Minggu. Dalam sehari, diadakan dua kali ujian. Masing-masing siswa pun bisa memilih hari dan tanggal ujiannya. Metode ini dilakukan supaya tak terjadi penumpukan mobilisasi penduduk di kota tertentu.

2. Dua kali kesempatan ujian

Pada SBMPTN tahun 2019, masing-masing siswa memiliki kesempatan mengikuti dua kali tes. Siswa diharapkan bisa menimbang hasil yang keluar. Mana yang lebih baik, hasil tes pertama atau kedua, itu bisa dipilih untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri. Wah, ada toleransi nih Gaess, peluang lolos lebih besar.

3. Hasil ujian keluar lebih cepat

Sistem tes UTBK di tahun 2019 diklaim sangat menguntungkan. Pasalnya, menurut Ravik, hasil tes akan keluar lebih cepat. Hasil UTBK bakal keluar dalam 10-15 hari. Ini sistem yang mirip dengan tes TOEFL.

BACA JUGA:

Mulai macet sampai rebutan bangku, 5 fakta hari pertama sekolah di Sukabumi

Cegah aksi vandalisme, pelajar SMP Necis Sukabumi bikin karya mural keren

BNSP rilis jadwal resmi dan kisi-kisi USBN/UNKP 2019 SMP/SMA, pelajar Sukabumi wajib tahu

4. Hasil tes UTBK bukan penentuan akhir

Nah, ini juga menyegarkan buat kalian yang susah lolos SBMPTN. Di tahun 2019, hasil UTBK tidak sama dengan hasil akhir tes. Hasil UTBK akan dipakai untuk mendaftar ke PTN. Lolos atau tidaknya siswa, hal itu tergantung nilai rata-rata para pesaing. Penyelenggaraan tes dibedakan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Kalau dulu, begitu memilih atau mendaftarkan, peserta langsung tes, langsung pengumuman. Nah, sekarang tidak.

5. Dua jenis tes

UTBK akan diisi dengan dua jenis tes. Tes pertama adalah tes potensi akademik atau TPA. Sedangkan tes kedua adalah tes kemampuan komprehensif. Durasi tes tersebut lebih-kurang 2,5 jam.

Nah, Gaess, selamat mencoba ya nanti SBMPTN-nya. Semoga kalian bisa masuk ke PTN yang kaliam mimpikan. (dari berbagai sumber) 

  • 13
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *