Gen XY Sukabumi mau usaha jualan pohon pisang bonsai? Perhatikan 5 hal ini

Indah dipandang, lezat di lidah.

Pernah terpikir untuk menanam pohon pisang dalam pot? Jika belum, mungkin mulai saat ini bisa mencobanya. Selain bisa menghasilkan buah, pohon pisang juga bisa dijadikan tanaman hias di dalam ruangan.

Tapi, sebelum memulainya, perhatikan lima info berikut kuy, Gengs.

1. Sejarah pohon pisang bonsai

Ide untuk menanam pohon pisang menjadi bonsai atau kerdil, muncul sejak tahun 2005. Saat itu, diuji coba penanaman pohon pisang dalam wadah atau pot berdiameter ±12 cm, tinggi ±6 cm, dan tanpak lobang.

Ternyata pohon Pisang dalam pot yang relatif kecil tersebut mampu bertahan hidup lebih dari dua tahun.

2. Tidak memerlukan lahan luas

Tidak seperti apa yang gen XYZ Sukabumi bayangkan, kalau menanam pohon pisang haruslah memiliki lahan yang luas. Memang benar, jika itu adalah untuk budidaya pisang. Akan tetapi, kita juga bisa kok menanam pohon pisang di pekarangan sempit sahabat atau kebun minimalis sahabat.

Dan untuk itu, gen XYZ Sukabumi harus memilih jenis pohon pisang yang batangnya tidak menjulang tinggi. Ada beberapa jenis pohon pisang pendek yang bisa sahabat tanam, dan berikut adalah penjelasanya.

Selain bisa ditanam di tanah area rumah, jenis pohon pisang juga bisa ditanam di pot, alih alih membuat kebun yang asri di pekarangan juga akan bisa mengkonsumsi buah pisang bila saatnya berbuah.

BACA JUGA:

TJIPETIR dari Sukabumi yang hebohkan Eropa, tenggelam bersama Miyazaki Maru dan Titanic

Gen XYZ Sukabumi suka makan lalap? Lalapan Sunda tercatat di Prasasti Taji abad ke-10 lho

Keren, bunga cantik asal Sukabumi digemari orang Jepang, ini 5 infonya

3. Tidak perlu perawatan khusus

Pohon pisang yang ditanam dalam pot tidak memerlukan perawatan sulit. Harus diingat, pohon pisang merupakan tanaman tropis dan sub tropis, jadi jika berkeinginan untuk menanam dalam pot, usahakan tanaman ini tetap menerima sinar matahari minimal enam jam sehari.

Saat menanam, media tanaman sebaiknya menggunakan campuran tanah berpasir, kompos, serta pupuk kandang. Lakukan penyiraman maksimal dua kali sehari.

4. Pemilihan varietas

Ini yang terpenting, banyak varietas dari pohon pisang dari pohon pendek dengan tinggi 1.5 meter sampai pohon dengan ketinggian 4 meter. Pilih bisang dengan varietas kerdil yang tumbuh antara 1.5-2 meter saja.

Jika diperlakukan dengan baik, pohon pisang akan tumbuh dan berbuah dalam pot. Pohon pisang yang biasa kita lihat tumbuh di kebun akan memberikan pemandangan yang unik bila ia bisa tumbuh di pot dalam rumah.

Jika gen XYZ Sukabumi ingin membeli benih pohon pisang bonsai ini, bisa diperoleh di situs jual beli BukaLapak, Shopee, atau googling aja dulu dengan kata kunci “Pohon Pisang Bonsai”.

5. Jenis pohon pisang yang bagus jika ditanam dalam pot

Cavendish Dwarf Banana, sangat populer dibudidayakan dari jenis pisang cavendish, diberi nama cavendish dwarf banana karena mengacu pada ketinggian pohonya, bukan buahnya. Jenis ini pertumbuhanya cepat dan sangat ideal untuk ditanam di pot atau kebun minimalis, karena tidak banyak memakan ruang. Buah dari jenis ini berkulit tipis dengan panjang sekira 15 sampai 25 cm.

Kemudian ada Dwarf Brazilian Banana, jenis ini pohonnya tumbuh dengan cepat serta buahnya manis dan lezat.

Selamat mencoba ya, Gengs.

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *