Rp19,2 M untuk pilkades serentak 2019 di Kabupaten Sukabumi, 5 info gen XYZ mesti tahu

Pemkab alokasikan dana Rp19,2 M untuk pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2019.

Kabupaten Sukabumi dengan jumlah total 386 desa yang tersebar di 47 kecamatan, merupakan kabupaten terluas kedua se-Pulau Jawa dan Bali. Tahun ini, Kabupaten Sukabumi bakal menggelar pesta demokrasi di tingkat desa (pilkades) secara serentak. Sekira 240 desa akan menggelar pilkades. Nah, apakah desa kalian termasuk yang akan menggelar pilkades, Gaess?

Berikut lima info pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Sukabumi.

1. Sekira 240 desa gelar pilkades

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi telah siap menyongsong perhelatan pesta demokrasi masyarakat tingkat desa masa jabatan 2019 – 2025. Sekira 240 desa akan menggelar pilkades secara serentak. Ratusan desa yang akan menggelar Pilkades ini ialah desa yang saat ini kekosongan kepala dan kepala desa yang akan berakhir masa jabatannya.

2. Digelar November

Rencananya, perhelatan Pilkades ini akan digelar setelah Pileg dan Pilpres serentak, yakni November mendatang. Untuk tahapan Pilkadesnya sendiri akan dimulai pada bulan Juni.

“Catatan kami, ada 240 desa yang akan menggelar Pilkades ini. Ya sesuai aturan, Pilkades ini akan dilakukan secara serentak pada November mendatang,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana seperti dikutip dari Antara.

BACA JUGA:

Dana desa bermasalah di 17 desa Kabupaten Sukabumi, ini 5 infonya

Kades Cibuntu dan Pagelaran ditahan Kejari Sukabumi, diduga gelapkan Dana Desa Rp1,2 M

3. Anggaran yang disiapkan

Thendy menambahkan untuk mendukung pelaksanaannya, Pemkab Sukabumi telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp19,2 miliar. Bagaimana dengan calon kades yang mendaftar? Apakah akan dikenai biaya?

Thendy memastikan semua calon tidak akan dipungut biaya. Anggaran sebesar Rp19,2 miliar nantinya diperuntukkan semua tahapan Pilkades. “Amanat UU-nya demikian, jadi seluruh biaya dibebankan kepada APBD,” pungkas Thendy.

BACA JUGA:

Ternyata Kabupaten Sukabumi punya 5 desa namanya sama, Gaess

Gaess, Kabupaten Sukabumi punya nama desa unik, nomor 5 mirip majelis taklim

4. Pelaksana pilkades

Dalam pelaksanaan pilkades nantinya, Badan Permusyawarahan Desa (BPD) dan masyarakat setempat akan menjadi panitianya. Supaya bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, para panitia nantinya akan menjalani bimbingan teknis (bimtek.

“Supaya mereka faham terkait tugasnya sebagai panitia Pilkades, kami terlebih dahulu akan memberikan bimbingan secara teknis. Teknisnya tergantung, apakah kita yang melakukan road show, atau mereka yang akan kita panggil perwilayah,” kata Thendy.

5. Melibatkan BNN

Selain melibatkan masyarakat setempat, Thendy juga menyebutkan pelaksanaan Pilkades juga akan menggandeng beberapa instansi lainnya. Di antara pihak yang dilibatkan adalah Badan Narkotika Nasional (BNN), rumah sakit daerah, akademisi dan juga aparat hukum lainnya.

So, pasca pesta demokrasi Pilpres dan Pileg, warga Sukabumi bakal lagi disibukkan dengan Pilkades. Semoga semuanya lancar saja ya, Gaess. (dari berbagai sumber) 

  • 55
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *