Keok di Baghouz, ini timeline berdarah-darah khilafah bentukan Abu Bakar al-Baghdadi

Klaim kalahnya ISIS dinyatakan pasukan Suriah dan Amerika Serikat (AS).

Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang didukung AS mengumumkan kekalahan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah aka ISIS setelah bertempur selama empat tahun. Seorang pejabat SDF mengumumkan kekalahan kelompok ISIS melalui Twitter pada Sabtu (23 Maret), yang kemudian dibroadcast oleh Al Jazeera.

Beberapa hari sebelumnya, juru bicara SDF Mustafa Bali juga mengungkapkan melalui Twitter bahwa terjadi pertempuran sengit di kota Baghouz untuk menghabisi sisa-sisa pasukan ISIS.

Klaim SDF juga dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan AS yang mengatakan ISIS tidak lagi mempunyai kuasa di Suriah. Juru Bicara Gedung Putih saat ditanya apakah kelompok ISIS telah 100 persen dikalahkan, ia menjawab “Ya.”

Seperti diberitakan banyak media, SDF berjuang selama berminggu-minggu untuk mengalahkan ISIS di Baghouz di tenggara Suriah dan perbatasan Irak. Wilayah itu merupakan daerah pertahanan terakhir ISIS.

Lalu, benarkah ini merupakan akhir perjalanan berdarah-darah khilafah bentukan Abu Bakar al-Baghdadi? Berikut timeline perjalanan ISIS sejak berdirinya di tahun 2004.

BACA JUGA:

Dulu Secapa sekarang Setukpa, ini 5 periode sejarah sekolah perwira polisi Sukabumi

Jalan pintas ala Nurjanah, gadis asal Nagrak Sukabumi

Sarminem, tulang rusuk tangguh dari Sukabumi

[1] 2015

ISIS membawa terror ke Eropa. Simpatisan ISIS melakukan serangan di Paris terhadap majalah Charlie Hebdo yang dianggap menghina Nabi Muhammad. Simpatisan ISIS di Lybia juga menyerang pendatang Eropa.

Bulan May, ISIS berhasil menguasai kota Ramadi di Irak dan kota gurun pasir kuno Palmyra di Suriah, namun di tahun yang sama mereka berhasil dipukul meninggalkan dua kota itu.

[2] 2016

Pasukan pemerintah Irak berhasil mengambil alih kota Fallujah di bulan Juni. Bulan Agustus, koalisi Syrian Democratic Forces (SDF) dan milisi Kurdi YPG, sukses mengambil alih kota Manbij di Suriah.

[3] 2017

Tahun ini adalah tahun penuh kekalahan bagi ISIS. Bulan June, ISIS kehilangan Mosul kepada pasukan Irak. Pada saat itulah, pemerintah Irak menyatakan kekhalifahan bentukan Abu Bakar al-Baghdadi telah berakhir. Bulan September, tentara Suriah didukung Russia dan Iran berhasil membebaskan kota Deir al-Zor dan menguasai kembali wilayah di sepanjang Sungai Efrat. Bulan Oktober, pasukan SDF juga berhasil mengusir ISIS dari kota Raqqa.

[4] 2018

Tentara Suriah mengambil alih kota Yarmouk, di selatan Damascus dari kekuasaan ISIS. Sementara itu, pasukan SDF merangsek terus di sepanjang sungai Efrat dan pasukan Irak sisa daerah perbatasan.

[5] 2019

Milisi ISIS dikalahkan di basis pertahanan terakhir mereka di desa Baghouz. Pasukan SDF mendeklarasikan kekhalifahan ISIS telah dimusnahkan secara tuntas!

Dari berbagai sumber

  • 5
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *