Imposebel! Liverpool mesti cetak 4 gol di Anfield, 5 drama bikin fans The Kop Sukabumi baper

Aksi magis Lionel Messi membuat Liverpool terancam tanpa trofi musim ini!

Tak ada yang meragukan penampilan mengesankan Liverpool musim ini. Hasil kerja manajer Juergen Klopp selama dua musim nampak begitu mengesankan. Mo Salah dkk menjadi tim dengan permainan yang luar biasa atraktif. Seluruh pemain Liverpool tampil brilian dari mulai belakang sampai depan.

Berikut lima drama Barcelona versus Liverpool yang dirangkum sukabumiXYZ.com dari berbagai sumber!

[1] Pemain terbaik versi PFA

Bek Virgil van Dijk jadi pemain terbaik versi PFA (asosiasi pemain professional) di Inggris. Lalu, di lini serang, duo Mo Salah dan Sadio Mane menjadi yang tersubur dengan 21 dan 20 gol. Namun semua catatan menterang itu menjadi tak berguna karena klub berjuluk “Si Merah” terancam tanpa trofi musim ini pasca dibekuk tiga gol tanpa balas oleh Barcelona di ajang Liga Champions.

[2] Membalikkan kekalahan, memangnya Liverpool bisa?

Defisit tiga gol atas tim sekelas Barcelona bukanlah hal mudah untuk dibalikkan. Bisa dikatakan sebagai suatu hal yang tidak mungkin atau impossible. Apalagi jika melihat catatan sejarah dan statistik yang menunjukkan itu sangat sulit.

Simak coba catatan berikut. (1) Barcelona berhasil memenangi 38 dari 42 laga Liga Champions ketika unggul di kandang pada leg pertama. (2) Los Cules juga tak pernah kalah tiga gol atau lebih dari tim Inggris sejak kekalahan 0-3 dari Manchester United pada perempatfinal Winners Cup musim 1983/1984.

Meski begitu, boleh lah fans Liverpool tetap menghibur diri. Mo Salah dkk masih bisa termotivasi atas apa yang dilakukan AS Roma musim lalu. Ketika itu Barca juga menang telak di Camp Nou dengan skor 4-1. Apa yang terjadi kemudian? Giallorossi membuat comeback gemilang setelah menang 3-0 saat main di kandang dan menyingkirkan Barca.

Uniknya, Mo Salah pernah jadi penggawa Roma juga. Siapa tahu sang “Raja Mesir” bertuah!

BACA JUGA:

Bobotoh Sukabumi, calon pemain Persib ini harganya Rp5,7 M

Kapten belia pimpin Ajax bekuk Spurs, 5 drama semifinal I Liga Champions

[3] Magis Messi hancurkan Liverpool

Siapa lagi kalau bukan Messi yang jadi kunci kemenangan Barca atas Liverpool. Di sepanjang pertandingan, Messi mengorkestrasi permainan Barca. Puncaknya saat sang bintang menciptakan keajaiban melalui tendangan bebas yang super indah dari jarak 36 meter. Semua mata yang menonton pun dibuat terbelalak.

Lalu apa tanggapan Messi soal gol itu? “Ah, hanya keberuntungan saja,” katanya. Itu merendah atau malah sombong ya? Ehm…

“Saya sangat beruntung bisa melepas bola tepat ke pojok gawang dalam gol tersebut. Itu merupakan momen yang sangat indah. Kami harus tetap bersatu,” ujar Messi.

[4] Tembus 600 gol, Messi samai torehan CR7

Selain indahnya gol tendangan Messi, dua gol yang ditorehkan dalam laga itu juga mempunyai makna yang mendalam bagi Messi. Dengan dua tambahan gol lawan Liverpool, Messi telah mengoleksi 600 gol sepanjang karier seniornya di Barcelona. Jumlah gol itu menyamai milik Cristiano Ronaldo.

Selain itu, gol ke gawang Liverpool juga menjadi catatan Messi yang sudah berhasil melesakkan gol ke tiga klub Inggris dalam satu musim. Sebelumnya, La Pulga mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur dan Manchester United. Catatan tersebut menyamai milik Thomas Mueller. Pada musim 2013/2014, Mueller merobek gawang tiga klub asal Inggris, yakni Arsenal, Manchester City, dan MU.

[5] Senyum getir Klopp melihat tendangan bebas Messi

  • Messi mencetak gol ke-600 untuk Barcelona, Tepat 14 tahun lalu, Messi mencetak gol pertamanya saat menghadapi Albacete pada Mei 2005.
  • Barcelona memperpanjang rekor mereka di Liga Champions dengan 32 pertandingan kandang tanpa kekalahan (M29 S3 K0).
  • Liverpool menelan kekalahan terbesar mereka di Liga Champions, sebelumnya mereka juga kalah 0-3 dari Real Madrid pada Oktober 2014.
  • The Reds menelan empat kekalahan di laga tandang dari enam semifinal kompetisi Eropa terakhir mereka. Empat di antaranya terjadi di Liga Champions (sebelumnya pada 2006-07, 2007-08 dan 2017-18).
  • Barcelona (502) menjadi tim kedua yang mencetak 500 gol Liga Champions, setelah Real Madrid (551).
  • Lionel Messi sudah mencetak gol ke gawang 32 tim berbeda di Liga Champions. Dia hanya kalah dari Raul Gonzalez (33 tim).
  • Messi sudah mencetak delapan gol dari tendangan bebas musim ini – dua kali lebih banyak daripada pemain lainnya di lima liga top Eropa (Inggris, Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol).
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *