Siapkan skenario terburuk, ini 5 kabar suka duka Persib buat Bobotoh Sukabumi

Status naturalisasi Fabiano Beltrame tak kunjung turun, Persib Bandung siapkan skenario terburuk.

Persib Bandung masih belum memastikan bisa Menurunkan Fabiano Beltrame di Liga 1 2019. Padahal, tim kebanggan Bobotoh itu baru saja melakukan launching timnya untuk menghadapi kompetisi tahun ini, Sabtu (11/5/2019), Persib Bandung menggelar hajatan launching tim di Hotel Savoy Homman, Bandung. Kabar buruk ini membuat Maung Bandung Harus menyiapkan skenario terburuk, Gengs. Kabar buruk lainnya, harga jersey Persib diprotes Bobotoh karena dinilai harganya terlalu mahal.

Nah, biar Bobotoh Persib di Sukabumi gak penasaran, berikut adalah lima kabar suka duka Maung Bandung menjelang Liga 1 2019 digulirkan.

[1] Fabiano belum tentu memperkuat Persib Bandung

Hingga sekarang status naturalisasi pemain asal Brasil, Fabiano Beltrame, belum juga keluar. Di sisi lain kuota pemain Persib Bandung telah terpenuhi, seiring datangnya gelandang baru asal Slovenia, Rene Mihelic. Manajemen Persib Bandung sendiri telah menyusun berbagai skenario jika sampai batas akhir pendaftaran pemain, status naturalisasi Fabiano belum juga turun.

Melansir dari Simamaung.com, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan sampai saat ini Persib memang belum memfinalkan 30 pemain yang akan didaftarkan mengikuti Liga 1 2019. Persib Bandung, masih menunggu proses naturalisasi Fabiano hingga 23 Mei 2019 yang jadi batas akhir pendftaran pemain. “Kita bicara jumlah, hanya 30 yang akan didaftarkan. Kita masih menunggu lah sampai tanggal 22, karena kita tunggu proses naturalisasi Fabiano,” katanya.

Jika hingga batas akhir pendaftran pemain, status naturalisasi Fabaino Beltrame belum juga turun, maka Persib Bandung akan mengambil skenario terburuk. Ada kemungkinan Fabiano Beltrame tak akan didaftarkan lebih dulu untuk putaran pertama Liga 1 2019. Namun Fabiano akan didaftarkan Persib Bandung pada putaran kedua nanti.

Namun, jika pada 22 Mei naturalisasi Fabiano keluar, konsekuensinya akan ada satu pemain lokal Persib yang dicoret untuk memberi ruang kepada Fabiano. “Harus 30 pemain yang didaftarkan ke liga. Kami masih menunggu soal Fabiano sampai naturalisasinya diterima. Jika Fabiano tidak bisa jadi WNI, masih ada satu pemain yang bisa menggantikan,” kata pelatih Persib, Robert Rene Alberts, seusai lanching tim.

[2] Jersey baru ramai sponsor

Jersey baru Persib Bandung.

Saat me-launching tim, Persib Bandung merilis 31 nama pemain yang didaftarkan mengikuti Liga 1 2019 berikut jersey yang dikenakan. Dari daftar 31 pemain Persib Bandung tersebut, ada dua pemain yang tak disertakan, Moch Al Amin Syukur Fisabilillah dan Billy Keraf. Launching juga diisi dengan pemberian cinderamata untuk mantan pemain Persib, Atep Rizal, karena pengabdiannya selama lebih dari 10 tahun untuk Persib.

Untuk jersey yang akan dikenakan Persib Bandung di Liga 1 2019, jersey home berwarna biru plus tambahan warna kuning di bagian kerah. Sementara jersey kedua kental dengan nuansa putih biru seperti musim lalu. Adapun jersey ketiga Persib Bandung musim depan berwarna hitam dengan kombinasi putih dalam tulisannya. Kemudian, jersey kiper musim depan ada tiga warna yakni merah, hijau, dan abu-abu.

Setelah itu Persib Bandung juga mengumumkan daftar 31 pemain yang didaftarkan mengikuti Liga 1 2019.

BACA JUGA:

‘Sang petahana’ ManCity berkuasa lagi! 5 dramatis di akhir Liga Inggris musim 2018/19

Klub Inggris ‘meratui’ Eropa, tidak dengan timnasnya? 5 fakta all-England final Champions dan Europa

[3] Launching 31 pemain

Yang menarik, pada saat launching tersebut tak ada nama dua pemain Persib, Moch Al Amin Syukur Fisabilillah dan Billy Keraf, dalam daftar tersebut. Sabil tengah dililit cedera beberapa waktu lalu hingga dikabarkan akan hengkang dari Persib. Kabar tersebut mendekati kenyataan setelah nama pemain 24 tahun itu tak ada dalam skuat yang diperkenalkan Persib.

Sementara itu, belum ada kabar lebih lanjut soal masa depan Billy Keraf di Persib. Kemungkinan besar, eks pemain timnas U-22 Indonesia itu bakal dipinjamkan ke tim lain. Sehingga jumlah pemain yang diperkenalkan sebanyak 29 pemain. Di sisi lain, Persib akan mendaftarkan Fabiano Beltrame yang sejauh ini masih mengurusi proses naturalisasi.

Berikut daftar 31 pemain Persib Bandung dan nomor punggungnya. Kiper: M Natshir Fadhil Mahbuby (1), Aqil Savik (30), I Made Wirawan (78). Belakang: Ardi Idrus (3), Bojan Malisic (4), Saepuloh Maulana (6), Henhen Herdiana (12), Fabiano Beltrame (15), Achmad Jufriyanto (16), Zalnando (17), Indra Mustafa (19), Supardi Nasir (22), Puja Abdillah (27).

Untuk pemain tengah, diperkenalkan Beckham Putra Nugraha (7), Abdul Aziz Lutfi Akbar (8), Esteban Vizcarra (9), Dedi Kusnandar (11), Febri Hariyadi (13), Agung Mulyadi (14), Gian Zola Nasrulloh (18), Frets Butuan (21), Kim Jeffrey Kurniawan (23), Hariono (24), Syafril Lestaluhu (67), Artur Gevorkyan (71), Ghozali Siregar (77), Rene Mihelic (82), Erwin Ramdani (93). Dan peman depan ada: Ezechiel N’Douassel (10), Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (37), Wildan Ramdani (98).

[4] Didukung 17 sponsor

17 perusahaan terpampang pada jersey yang akan digunakan Persib Bandung dalam menjalani Liga 1 2019. Dengan jumlah tersebut, Maung Bandung menjadi salah satu tim dengan sponsor terbanyak di Indonesia.

[5] Harga jersey diprotes Bobotoh

Selain design jersey Persib musim 2019-2010, ternyata harga jual seragam Maung Bandung pun jadi perdebatan di kalangan Bobotoh. Jersey Persib musim 2019-2020 dibandrol dengan harga Rp499 ribu, lebih mahal dari jersey Persib musim sebelumnya yang berharga Rp399 ribu. Rupanya hal tersebut menjadi polemik di jejaring Twitter.

Seperti yang dilontarkan akun Twitter @Arieztaufik, “Dengan loba na ads na jersey, kuduna sih leuwih murah ti harga kamari. Estetika panon semakin terganggu. Komo desain na leuwih bad ti kamari mah. 300-350 worth it lah. Tapi beda carita mun musim ieu bisa juara. (Dengan banyaknya iklan di jersey, harusnya lebih murah harganya dari musim lalu. Estetika mata jadi terganggu, apalagi designnya lebih jelek dari musim lalu. 300-350 ribu layak lah, tapi beda cerita jika musim ini juara),” cuitnya.

Murah… mahal…. pertanyaan relatif… tp pantes teu eta harga 500rb… ceuk kami terlalu tinggi sih…. pasna mah 350 rebu. (Murah, mahal, pertanyaan relatif, tapi pantas tidak harganya 500 ribu, menurut saya terlalu tinggi, pasnya 350 ribu),” balas akun Twitter @idenaringga.

Sedangkan akun Twitter @ariifrg selain mengomentari soal harga jersey, juga mengomentari produsen apparel jersey Persib selama ini yaitu Sportama. “Mahal buat apparel sportama mah, jaba desain kitu patut. kuduna aya rupa aya harga. (Mahal untuk apparel Sportama, ditambah desain yang seperti itu, harunya ada rupa ada harga),” tulisnya.

Senada dengan hal diatas, akun Twitter @itsasepn juga mengomentari hal yang sama, ia menulis seperti ini, “Mihil banget Untuk sebuah brand lokal. Desain jiga koran Dan warna yang aneh 250-300 ajalah. (Mahal banget untuk sebuah brand lokal. Desain seperti koran, dan warna yang aneh, 250-300 ribu ajalah),” begitu cuitnya.

500k untuk jersey ori ya standart, banget malah. Tapi 500k untuk “spanduk pecel lele” mah asa horeeeeeam,” cuit akun Twitter @dickygoenawan.

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *