Target 49,8 juta wisatawan dan income Rp4,5 T, RK luncurkan 35 event di Wilayah I termasuk Sukabumi

Selain masuk agenda gelaran Provinsi Jabar, event Ciletuh Geopark Festival juga masuk dalam kategori 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event 2019, artinya berskala nasional.

FYI nih Gaess, kalian warga Sukabumi (Kota dan Kabupaten) terutama para pegiat wisata, di Sukabumi bakal diadakan berbagai event/gelaran yang ditujukan untuk menggenjot pariwisata. Hal itu terungkap dari acara launching West Java Calendar of Event 2019 di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), Selasa (25 Juni).

Berikut lima poin penting perihal kalender event Jabar 2019 yang dirangkum Sukabumixyz.com dari berbagai sumber.

[1] Wisata jadi lokomotif ekonomi masyarakat Jabar

Bukan rahasia lagi jika Provinsi Jawa Barat (Jabar) dianugerahi Tuhan dengan alam yang super indah. Kenyataan itu menjadi modal utama bagi pengembangan wisata di Jabar yang pada akhirnya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengamininya dengan mengatakan, sektor pariwisata diharapkan jadi lokomotif ekonomi bagi masyarakat Jawa Barat.

RK menyebut, pariwisata merupakan sumber ekonomi yang paling mudah memberikan kesejahteraan multidimensi kepada masyarakat. “Saya yakin dari awal dulu, kalau pariwistalah lokomotif ekonomi Jawa Barat. Karena dia tetesannya itu terasa. Dari kelas kecil sampai kelas besar, dari tukang parkir hingga konglomerat, semua punya peluang. Makanya saya bilang, kalau mau ditanya di mana ekonomi Pancasila, pariwisata adalah studi kasus yang paling ideal,” ujar RK usai meluncurkan West Java Calender
of Event 2019 seperti dikutip dari Antara.

[2] Target kunjungan 49,8 juta turis dan income Rp.4,5 triliun

Dalam kesempatan yang sama, RK menargetkan 49,8 juta wisatawan alias turis datang mengunjungi Jabar sepanjang 2019. Target tersebut terdiri atas 48 juta wisatawan domestik/nusantara (wisnus) dan 1,8 juta wisatawan mancanegara (wisman).

“Target wisman 1,8 juta dan wisnus 48 juta di tahun 2019. Dengan kalender event Jabar ini diharapkan membawa dampak positif dan mencapai target tersebut,” ujar RK.

Dari jumlah kunjungan yang ditargetkan itu, RK menargetkan income yang dihasilkan bisa mencapai angka Rp.4,5 triliun. “Dengan kalender event Jabar ini diharapkan membawa dampak positif dan mencapai target kunjungan wisata. Sedangkan untuk produk domestik regional bruto (PDRB) di angka Rp4,5 triliun,” ujar RK dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari Merdeka.com, Selasa (25 Juni).

Editor’s Picks:

[3] Total 262 event, 35 event di Wilayah I termasuk Sukabumi

Gubernur RK menyatakan optimistis target 49,8 juta wisatawan bias terpenuhi seiring peluncuran West Java Calendar of Event 2019. Kalender pariwisata yang baru pertama kali ini dibuat Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyajikan 262 event/agenda pariwisata, baik di bidang seni, budaya, kuliner, religi, dan lainnya.

Ke-262 event pariwisata akan digelar di seluruh Jawa Barat, meliputi 35 event di Wilayah I terdiri dari Kota/kabupaten Bogor, Kota/Kabupaten Sukabumi, Cianjur, dan Depok. Sementara 14 event di Wilayah II mencakup Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang, serta Kota/ Kabupaten Bekasi. Lalu, sebanyak 66 event di Wilayah III mencakup Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Kabupaten Majalengka.

Kemudian, 147 event di Wilayah IV terdiri atas Kota/Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota/ Kabupaten Tasikmalaya, Sumedang, Garut, Ciamis, Pangandaran, dan Kabupaten Banjar. Seni masih menjadi andalan dengan 113 event pariwisata, disusul budaya 85 event, kuliner 83 event, olahraga 24 event, religi 6 event, dan pariwisata lainnya 11 event.

[4] Event Ciletuh Geopark Festival masuk 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event 2019

Dari keseluruhan 262 event pariwisata yang tercantum dalam West Java Calendar of Event 2019, ada enam event yang masuk 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event 2019. Catatan yang istimewa bagi warga Sukabumi, dari enam event yang masuk 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event 2019 salah satunya adalah Ciletuh Geopark Festival.

Selain Ciletuh Geopark Ferstival, lima event lainnya adalah Asia Afrika Festival, Mizan Al Sufi, Pesona Budaya Garut, Tour de Linggarjati, dan Festival Budaya Cirebon.

[5] Potensi besar wisata halal di Jabar

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur RK menerima Buku Pedoman Wisata Halal Jawa Barat. Buku ini merupakan hasil perumusan para pemangku kepentingan wisata halal Jawa Barat. Gubernur RK berharap agar prinsip wisata halal bersifat inklusif, tidak hanya menguntungkan kaum muslim saja, akan tetapi juga untuk kemaslahatan semua kalangan.

Sementara itu, dalam kata pengantarnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar Dony P. Joewono mengatakan, potensi wisata halal dunia diperkirakan mencapai Rp3.800 triiun pada 2023. Angka ini meningkat pesat 52% dibandingkan pada 2017 yang berjumlah Rp2.500 triliun.

“Oleh karena itu kita harus dapat memanfaatkan potensi tersebut tidak hanya sebagai pasar tetapi juga sebagaiprodusen dan pemain sehingga dapat menyerap permintaan pasar halal travel global dengan baik,” ujar Dony.

[dari berbagai sumber]

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *