Gaess, ini lho 5 hal dilakukan Menteri Sosial di Sukabumi


Irwan Kurniawan

Writed by: Irwan Kurniawan
Editor by: Feryawi
25 Mei 2018 | 15:50 WIB


Kunjungi banyak panti sosial.

Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Idrus Marham melakukan safari kemanusiaan ke beberapa daerah di Kabupaten Sukabumi, Jumat (25/5/2018).

Dan ini dia gaess lima hal dilakukan Mensos di Sukabumi:

1. Memberikan bantuan

Mensos mendatangi lokasi sementara Yayasan Aura Welas Asih di Kampung Cipatuguran RT 02/05, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 08.00 WIB. Kedatangan Idrus,  untuk memberikan bantuan bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang di rawat yayasan tersebut.

“Ini saya berikan bantuan sebesar 80.160.000 Rupiah untuk membantu permakanan untuk ODGJ, kalau untuk bangunanya nanti kita sama-sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) karena katanya Pemda sudah menyiapkan lahan 2000 meter,” ujar Idrus kepada sukabumiXYZ.com.

BACA JUGA: Menteri Sosial didoakan orang gila Palabuhanratu Sukabumi, nomor 5 bikin malu

2. Sama-sama akan membangun Yayasan Aura Welas Asih

Sebanyak 112 ODGJ direlokasi sementara ke eks bangunan SMKN PL Palabuhanratu, karena lahan sebelumnya tergusur oleh pembangunan alun-alun dan ruang terbuka publik di Jalan A Yani, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Idrus menegaskan, pihak kementrian akan sama-sama dengan Pemda Sukabumi membangun yayasan tersebut, Gaess.

“Terimakasih untuk Pak Mentri yang sudah berkenan berkunjung serta memberikan bantuan kepada yayasan,” ujar Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono.

3. Berkunjung ke PSRS

Usai memberi bantuan ke Yayasan Aura Welas Asih, Idrus bertolak ke Panti Sosial Rehabilitasi Sosial (PSRS) OD HIV, di Kampung Cikiwul RT 03/01, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak. Dirinya mengatakan, PSRS merupakan satu-satunya tempat di Indonesia bahkan di dunia yang sedikitnya memiliki empat fungsi.

“Pemerintah memang sudah seharusnya memberikan perhatian lebih, kita ingin benar-benar mendunia. Dan tempat ini paling tidak telah memiliki empat fungsi, yakni kesehatan, sosial, psikologis, dan pembinaan keterampilan,” beber Idrus.

BACA JUGA: Ngeri, ini 5 fakta hampir setiap bulan terjadi kebakaran di Sukabumi

4. Berkunjung ke PSBL Palamartha

Idrus menegaskan jika kunjungannya ke Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Palamartha di Kampung Kebon Randu RT 02/22, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, untuk memastikan bagaimana kondisi panti dan bagaimana langkah-langkah yang diambil di rehabilitasi di panti tersebut.

5. Memastikan pembekalan dan pelatihan yang ada di panti

Selain memberikan bantuan, Idrus juga memantau perkembangan hasil pelatihan yang ada di panti Gaess, seperti PSRS dan Palamartha. Menurut Idrus, secara psikologis orang-orang yang pernah ada di panti harus dikembalikan dan diterima di tengah-tengah masyarakat.

“Setelah sehat mereka diberi pelatihan keahlian yang nantinya diberikan permodalan untuk usaha sebesar 2,8 juta Rupiah,” tegasnya.

  • 4
    Shares
Irwan Kurniawan

Irwan Kurniawan

Irwan Kurniawan, pernah malang melintang di dunia kewartawanan. Mantan jurnalis kelahiran Sukabumi, 15 Januari 1980, ini pernah menjadi wartawan Radar Sukabumi dan sukabumiupdate.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *