Gen Y Sukabumi, usia Jagat Raya 13,7 miliar tahun, ini 5 fakta mengagumkan


Egi GP

Writed by: Egi GP
Editor by: Feryawi
31 Mei 2018 | 15:37 WIB


Jumlah bintang lebih banyak daripada jumlah pasir pantai di bumi.

Semakin maju perkembangan sains, semakin banyak rahasia kehidupan terungkap, tak terkecuali tentang Jagat Raya (Universe). Semakin banyak rahasia Jagat Raya terungkap oleh sains, semakin sadar manusia betapa kecil dan rapuhnya kita.

Bagi kita orang beragama, inilah tanda-tanda jelas bahwa kita harus selalu mensyukuri hidup dan memanfaatkannya sebagai mungkin!

Ini lho Gaess, 5 fakta mengagumkan tentang Jagat Raya yang terungkap seiring berkembangnya sains dan teknologi manusia.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi tahu gak, ini 5 teori kiamat yang bikin heboh

1. Usia Jagat Raya itu super tua

Menurut teori saintifik, Jagat Raya berawal dari sebuah ledakan besar (teori the Big Bang). Kejadian itu berlangsung sekitar 13,7 miliar tahun lalu. Wow… Jadi usia Jagat Raya adalah 13,7 miliar tahun.

Para ahli astronomi mengkalkulasi usia Jagat Raya dengan mengukur komposisi densitas materi dan energi di Jagat Raya. Dengan cara itu, mereka bisa menentukan seberapa cepat Jagat Raya meluas di masa lalu.

2. Jumlah bintang lebih banyak daripada jumlah pasir pantai bumi

Bumi itu planet yang bersama 7 planet lainnya mengelilingi sebuah bintang, yaitu Matahari (Tata Surya). Nah, di Jagat Raya ini jumlah bintang seperti Matahari lebih banyak dibandingkan jumlah pasir di pantai di seluruh belahan bumi.

Masyaallah, itu artinya jumlah bintang tak terhitung saking banyaknya. Seorang ahli menyebut jumlahnya “miliar-triliun!”

BACA JUGA: Bukan mobil syetan, Gaess, kamu tau gak 5 istilah unik sopir Colt L300 Sukabumi-Bogor?

3. Ada 50 miliar Galaksi di Jagat Raya

Bumi bersama tujuh planet lainnya berputar mengelilingi Matahari. Jadi, bumi adalah bagian dari tata surya. Tata surya dengan Matahari sebagai pusatnya adalah bagian dari sebuah Galaksi Bima Sakti (Milky Ways).

Galaksi adalah bagian dari Jagat Raya, dan FYI ada lebih dari 50 miliar galaksi di Jagat Raya ini. Apakah kamu masih merasa sombong dengan dirimu sendiri, Gaess?

4. Ada 100 miliar planet mirip bumi di Galaksi Bima Sakti

Jumlah bintang (seperti Matahari) di sebuah galaksi antara 100 miliar sampai 1 triliun. Dan di Galaksi Bima Sakti saja, diperkirakan sekitar 100 miliar planet yang mirip dengan bumi kita.

Well, kamu masih merasa sendiri di Jagat Raya ini, Gaess?

BACA JUGA: Gaess, ini lho 5 mahasiswi hijaber cantik Sukabumi

5. Ukuran bumi dibanding matahari bagaikan pintu rumah dan sebuah koin

Bumi begitu mini sehingga perbandingan dengan Jagat Raya, besaran Jagat Raya itu 1,3 miliar kalinya besaran bumi. Wooooowww!

Jika dibandingkan dengan Matahari saja, bumi itu bagaikan koin 500-an dan Matahari sebesar pintu rumah. Pyuhhh!!

Masih banyak fakta mengagumkan tentang Jagart Raya, Gaess. Pertanyaan introspeksinya, masihkah kita berani sombong dan membanggakan diri di hadapan luasnya Jagat Raya dan Sang Pencipta? (dari berbagai sumber)

  • 4
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *