Hari kedua Lebaran, 5 lokasi wisata di Kabupaten Sukabumi sudah dipadati pengunjung

Wisatawan domestik luar kota mulai membanjiri Sukabumi.

Kabupaten Sukabumi yang memiliki banyak destinasi wisata alam nan menawan, memang selalu menarik untuk dikunjungi wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara.

Keberadaan destinasi-destinasi belum lama dibuka untuk umum, baik wisata alam seperti Geopark Ciletuh-Palabuhanratu maupun spot-spot destinasi tambahan seperti Situ Gunung Suspension Bridge menjadi daya Tarik tersendiri bagi pengujung yang penasaran.

Saat musim liburan panjang Lebaran tahun ini, kunjungan wisatawan lokal dipastikan membludak, hal tersebut bisa dilihat dari padatnya arus lalu lintas yang memadati jalur utara, Jalan Sukabumi-Bogor.

Berikut adalah lima destinasi wisata yang sudah dipenuhi wisatawan sejak hari kedua Lebaran, Sabtu (16/6/2018).

BACA JUGA: 5 aksi remaja masjid se-Desa Kadununggal Kabupaten Sukabumi patut ditiru nih, Gaess

1. Suspension Bridge

Situ Gunung Suspension Bridge yang merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara itu, hari pertama pembukaan langsung dipadati pengunjung.jembatan yang belum lama selesai dibuat itu dibuka hanya pada tanggal 15 hingga 30 Juni 2018.

Setiap pegunjung dipungut harga tiket masuk sebesar Rp50.000 untuk dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak. Walaupun mendapat protes pengunjung dan viral di media sosial karena harga tiket dinilai terlalu mahal, tetapi banyak wisatawan yang mengunjungi tepat wisata di Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi tersebut.

2. Taman Rekreasi Cimalati

Hari kedua lebaran, Taman Rekreasi Cimalati sudah diserbu wisatawan lokal. Tak kurang dari 1500 pegunjung mendatangi wahana wisata air yang terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi itu.

Selain wisata air, taman rekreasi tersebut juga menawarkan daya tarik live music dangdut yang sudah menjadi ciri khasnya. Di sini, setiap pengunjung dipungut biaya Rp25.000.

BACA JUGA: Ini dia 5 mahasiswi cantik Sukabumi, tatapannya jadi bikin kepingin ngajak ke penghulu

3. Pantai Palabuhanratu

Sudah mejadi kebiasaan, setiap libur panjang lebaran, pantai selatan Kabupaen Sukabumi selalu dipadati wisatawan domestik.

Walaupun keberadaan toll gate wisata yang tersebar di bebrapa titik dikeluhkan para pegunjung, namun tak urung mereka tetap memenuhi area wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi dari mulai Cibangban, Palabuhanratu, Karanghawu, hingga Citepus.

4. Geopark Ciletuh dan Puncak Darma

Puncak Darma adalah puncak yang berada di area Ciletuh, dimana kita dapat menyaksikan secara langsung dan lebih dekat pemandangan indah Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Dari puncak ini kamu bisa melihat lautan lepas, pulau-pulau kecil seperti Pulau Kunti, Pantai Palangpang, Teluk Ciletuh, pematang sawah nan hijau yang menyegarkan mata, bukit-bukit, dan juga curug-curug yang terlihat dari kejauhan.

Memulai perjalanan dari Curug Sodong Kembar, waktu tempuh untuk bisa tiba di Puncak Darma memakan waktu sekitar 45 menit. Perjuangan begitu menantang dan menguji adrenalin karenan jalanan yang begitu sempit, jelek, berbatu-batu, dan curam.

Sayangnya, pemandangan alam yang komplit mulai dari pantai hingga pegunungan yang menawan, tidak didukung infrastruktur yang masih kurang dan kebiasan buruk pengunjung yang membuang sampah semaunya.

BACA JUGA: Gaess, ini lho 5 fakta dan mitos Gunung Salak Sukabumi yang wajib kamu tahu

5. Pantai Ujunggenteng, dan Cibuaya

Pantai Ujunggenteng kawasan wisata yang bersentuhan dengan Samudera Hindia, jadi wajar saja jika ia memiliki garis pantai yang panjang sekitar 16 km. Di sepanjang garis pantainya, akan kita temukan banyak sekali tempat wisata, penginapan, tempat makan yang sangat menunjang jika kita berkunjung ke sana.

Selain menawaran wisata alam menawan, pengunjung juga bisa berbelanja hasil laut segar. Jika kamu pencinta seafood garis keras, rasanya sayang untuk melewatkan acara berbelanja hasil segar tangkapan nelayan di sini.

Masih di kawasan yang sama, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Ombak Tujuh, Curug Luhur di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Pantai Cibuaya, Pantai Pangumbahan, Pantai Cipanarikan, Pantai Mina Jaya Desa Pasiripis, dan Pantai Tenda Biru.

Irman Sufi Firmansyah

Irman Sufi Firmansyah

Irman Sufi Firmansyah lahir di Sukabumi, 21 juni 1977. Ia menamatkan S1 Hubungan Internasional di Universitas Negeri Jember (2001(, dan S2 Manajemen Universitas Bhayangkara, Kakarta. Kini Irman bekerja sebagai Manajer HRD, Security, dan HSE di bidang oil n gas service. Irman juga menjadi Ketua Yayasan Kipahare., dan pengurus Soekaboemi Heritages.

One thought on “Hari kedua Lebaran, 5 lokasi wisata di Kabupaten Sukabumi sudah dipadati pengunjung

  • Avatar
    2 December 2019 at 09:19
    Permalink

    Wah…jd pengen ke Jampang lg…lihat tempat tempat wisatanya di pantai Pela
    buhan Ratu …belum pernah liat soalnya……

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *