Ada sejak 3000 SM, ini 5 fakta kosmetik yang mesti gen Y Sukabumi tahu

Cleopatra menyiram kapalnya dengan parfum agar Roma bisa mencium harumnya dari jauh.

Namanya juga wanita ya, Sis, pasti selalu ingin terlihat cantik. Gimana caranya cantik? Banyak cara, salah satunya dengan bersolek menggunakan kosmetik alias make-up. Soal kosmetik biasanya cocok-cocokan. Gak selalu kosmetik merek mahal cocok di kulit kamu ya, Sis. Pertimbangannya, selain bikin kamu cantik, kosmetik mesti ramah di kulit kamu, gak bikin rusak kulit.

Nah, bicara soal kosmetik, kalian tahu gak Sis kalau kosmetik alias make-up itu sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Wow! Coba simak dengan saksama lima fakta tentang kosmetik berikut yang mungkin belum kalian ketahui dan bisa membuat kalian terkagum-kagum.

BACA JUGA: Tak Cuma Desy, Ini Lima Artis Cantik Asal Sukabumi

1. Kutek pertama

Tahu gak, Sis, kutek alias cat kuku pertama diciptakan di China pada 3000 SM. Tak seperti kutek kekinian, versi China kuno adalah campuran lilin lebah, permen karet, putih telur dan bubuk berwarna.

2. Cleopatra menyiram kapalnya dengan parfum

Di era Ratu Cleopatra berkuasa di Mesir kuno, dia biasa menyiram kapal yang digunakannya berlayar dengan parfum. Tujuannya agar bau harum kapal tercium sampai ke Roma, bahkan sebelum kapalnya sampai. Cleopatra juga dikenal sebagai ratu yang pantai bersolek. Salah satu keistimewaan Cleopatra adalah make-up di area matanya sangat terkenal. Cleopatra menggambarkan kecantikan ratu-ratu Mesir.

3. Maskara pertama

Maskara pertama diciptakan oleh Eugene Rimmel pada abad ke-19. Ironisnya, kata Rimmel diterjemahkan menjadi maskara dalam banyak bahasa. Sedangkan kata maskara sendiri berarti topeng atau noda dalam bahasa Spanyol, Portugis, dan Italia.

BACA JUGA: Coeg, ini 5 fakta gadis Jampang Sukabumi Juara 3 MTQ sedunia di Uni Emirat Arab

4. Larangan wanita bermake-up

Sis, jangan salah, Eropa juga pernah hidup dalam kegelapan di mana aturannya sangat ketat dan diatur oleh kaum laki-laki. Contohnya, di Inggris pada abad 18, pernah dibuat hukum yang membolehkan laki-laki menceraikan istrinya jika ketahuan memakai make-up. Wow, ada-ada saja.

Ada satu lagi di Amerika Serikat, tepatnya di Negara Bagian Pennsylvania, pernah diusulkan aturan bahwa wanita harus minta ijin dulu kepada suaminya untuk bisa memakai make-up. Untungnya usulan itu tak pernah menjadi hukum.

BACA JUGA: Gengs, ini 5 artis kece bobotoh die hard Persib Bandung

5. Lipstik berbahan permata

lipstik alias gincu alias pewarna bibir ada sejak sebelum masehi (SM) atau sekitar 5000 tahun lalu di Mesopotamia (Irak saat ini). Wanita Mesopotamia menggiling batu permata atau batu mulia lainnya menjadi serbuk dan menerapkannya dengan hati-hati ke bibir dan kelopak mata untuk menambah warna.

Evolusi terbesar pembuatan lipstik terjadi di Mesir kuno, di mana para wanitanya memakai lipstik tidak hanya untuk membuat mereka terlihat lebih cantik, tetapi juga untuk melindungi diri dari sinar matahari dan angin di gurun pasir.

Wow, fakta-fakta yang mengagumkan ya, Sis. (dari berbagai sumber)

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *