Liga Inggris musim 2018/2019 segera dimulai, 5 fakta Manchester City vs Chelsea

Dimulainya Liga Inggris ditandai dengan laga Community Shield antara juara liga versus juara FA.

Musim kompetisi 2018/19 Liga Inggris alias EPL (English Premier League) akan dimulai pekan ini. Laga pembukanya adalah partai Chelsea kontra Manchester City di Wembley Stadium dalam ajang Community Shield, Minggu (05/8) pukul 21.00 WIB. Community Shield secara tradisional mempertemukan antara juara EPL (Manchester City) melawan juara FA Cup (Chelsea).

Berikut lima fakta gelaran EPL musim 2018/2019 dan laga pembuka Community Shield.

1. Disiarkan secara gratis di RCTI dan MNC TV

EPL musim ini (2018/2019) akan disiarkan secara gratis melalui dua stasiun swasta, RCTI dan MNC TV. Namun karena gratis, ya pertandingan yang ditayangkan pun tak semua. Hanya beberapa pertandingan saja setiap minggunya, dipilih oleh redaksi.

Kalau ingin nonton secara full, ya harus menggunakan stasiun TV berlangganan seperti K-Vision dan U-See TV melalui Indihome. Pilihan lainnya, ya bisa ditonton secara streaming melalui internet.

2. Nonton Liga Inggris lewat Facebook dan Amazon

Selain melalui stasiun-stasiun di atas, EPL musim ini juga bisa disaksikan melalui jejaring sosial Facebook dan situs e-comerce kelas kakap Amazon lho, Gaess. Namun pengguna Facebook dan Amazon masih harus menunggu sampai tahun 2019 untuk bisa menikmati layanan baru di kedua perusahaan berbasis teknologi raksasa di dunia itu.

Berdasarkan laporan Engadget, Facebook akan menyiarkan EPL untuk wilayah Asia. Hak siar tersebut dimenangkan Facebook senilai 200 juta pounds. Sementrara itu, Amazon sudah mencapai kesepakatan dengan EPL dan akan menyiarkan 20 laga per musim mulai tahun 2019. Wow.

BACA JUGA:

Striker Iran gabung Brighton, ini info 5 pemain Asia di Liga Inggris buat sportizen Sukabumi

Gen Y Sukabumi, ada orang ketiga di balik Prancis juara PD 2018, ini 5 faktanya

The next Marc Marquez, 5 info Fabio Quartararo sportizen Sukabumi mesti tahu

3. Community Shield, laga dua pelatih bersahabat

Melawan Manchester City, menjadi laga perdana Chelsea di bawah asuhan pelatih baru Maurizio Sarri. Uniknya, mantan pelatih Napoli berkebangsaan Italia adalah sahabat kental pelatih City, Pep Guardiola. Walau bersahabat, tensi pertandingan takkan dingin. Kedua klub adalah rival utama di Liga Inggris. Pertandingan panas dengan tensi tinggi pasti akan tersaji.

4. Tiki-taka vs sarri-ball

Pep Guardiola membawa pola bermain “tiki-taka” ke Manchester City, sedangkan Maurizio Sarri membawa pola permainan yang dikenal dengan “sarri-ball” (sepakbola ala Sarri). Uniknya, kedua pola permainan sebenarnya tak jauh berbeda. Penekanan utamanya pada ball possesion, pressing tinggi dan high defence line (garis pertahanan yang tinggi).

Artinya, laga kedua tim akan berlangsung dengan intensitas yang tinggi dan terbuka. Kedua tim akan saling beradu serangan silih berganti. Siapa yang paling mahir menguasai bola dan memegang inisiatif menyerang, maka ia akan lebih berpeluang menang.

5. Alumni Piala Dunia Rusia masih absen

Walaupun pertandingan akan berjalan dengan sengit, namun pecinta sepakbola Inggris nampaknya harus masih menahan hasrat untuk menyaksikan aksi beberapa pemain bintang di kedua tim. Soalnya, masih ada beberapa pemain bintang kedua tim yang berlaga di Piala Dunia Rusia kemarin, belum bergabung dengan klub. Mereka masih diberi liburan oleh klub.

Dari kubu Chelsea, Eden Hazard, N’Golo Kante, Olivier Giroud dan Thibaut Courtois dipastikan takkan tampil karena masih liburan. Selain itu, gelandang enerjik Brazil, Willian juga kemungkinan masih belum dimainkan karena baru 3 hari bergabung dengan klub.

Di pihak City, untungnya sebagian besar pemain mereka yang tampil di Piala Dunia sudah kembali berlatih, kecuali Raheem Sterling dan Kevin De Bruyne. Dua pemain itu tidak bakal turun di laga ini. (dari berbagai sumber)

  • 12
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *