13 Oktober diperingati #NationalNoBraDay? Ini 5 infonya untuk wanita Sukabumi

Sebagai bentuk kepedulian, 13 Oktober dijadikan Hari Tanpa Bra.

Oktober memang dianggap sebagai bulan kesadaran kanker payudara, dengan 14 Oktober menjadi ’Big pink’.

Sebagaimana hal-hal yang cepat menjadi tren, kampanye ini bermula di Amerika saja. Tentunya, kampanye ini juga menimbulkan kontroversial. Meski bagi banyak wanita, tidak mengenakan bra terasa seperti membebaskan diri dari belenggu.

Walaupun para ilmuwan masih berdebat mengenai dampak tidak mengenakan bra. Ada yang bilang buruk, ada yang menyarankannya sesekali. Namun, yang terpenting adalah tujuan kampanye ini yang untuk membangkitkan kewaspadaan para perempuan terhadap kanker payudara.

1. Memerangi kanker payudara

Namun, sejak 2011, Hari Tanpa Bra telah menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara.

Melakui momen ini, kaum hawa didorong untuk sadar akan pentingnya skrining kanker payudara, mengenali gejalanya, dan melakukan Sadari (pemeriksaan payudara sendiri) secara teratur demi memerangi kanker payudara.

2. Kampanye tahunan

#NationalNoBraDay adalah hashtag yang digunakan di media sosial bagi penderita kanker payudara untuk berbagi pengalaman mereka. Kampanye tahunan ini meminta perempuan untuk tidak mengenakan bra khusus hari tersebut, dalam rangka peduli kanker payudara.

BACA JUGA:

Ini 5 cara aneh diet, milenial Sukabumi sudah tahu?

Penderita HIV/AIDS di Kota Sukabumi bertambah 92 kasus, ini 5 infonya

3. Anda tidak perlu ikut menanggalkan bra

Namun demikian, untuk mendukung kampanye ini, Anda tidak perlu ikut menanggalkan bra. Anda bisa mengenakan pakaian berwarna pink, menggalang dana atau mengambil bagian di media sosial dan membantu meningkatkan kesadaran untuk penelitian kanker payudara.

Apalagi di negara seperti Indonesia. Anda takkan bisa menunjukkannya di hadapan publik bahwa telah berpartisipasi dalam No Bra Day dengan tanpa bra di ruang publik.

4. Kampanye melek kanker payudara

Sepanjang Oktober, perempuan seluruh dunia diharapkan melek kanker payudara. Mencetuskan hari tanpa bra alias No Bra Day merupakan salah satunya.

No Bra Day yang ditetapkan pada 13 Oktober, ini berkaitan erat dengan Breast Cancer Awareness Month yang membuat Oktober sarat warna pink.

5. #NoBraDay ala Kim Kardashian 

Selain gemar mengenakan pakaian ketat, Kim suka memamerkan payudara dan bokongnya yang indah. Ia bahkan sempat terlihat pergi keluar dengan Kanye West menuju sebuah restoran untuk makan malam. Ia tampak santai menyusuri jalanan mengenakan gaun tanpa lengan warna abu-abu. Gaun ketat sepanjang lutut ini benar-benar menempel pada tubuhnya dan memperlihatkan bentuk payudaranya yang indah.

Beberapa media mengabarkan Kim mungkin sengaja tidak memakai bra untuk memberi dukungan pada gerakan nasional Amerika, “No Bra Day”. (dari berbagai sumber)

  • 19
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *