Gen Y Sukabumi, biar suaramu gak percuma, kenali 5 partai yang diprediksi lolos PT

Dari 16 parpol peserta Pemilu 2019, 11 di antaranya diprediksi tidak akan lolos ke Senayan.

Hasil survei memprediksi bakal ada 11 partai politik (parpol) yang ikut Pemilu 2019 tidak lolos parlemen. Berdasarkan hasil survei kesebelas parpol tersebut memiliki elektabilitas di bawah empat persen, atau tidak memenuhi parliamentary threshold (PT) atau ambang batas di UU Pemilu sebesar 4.0%.

Sehingga dari 16 parpol nasional peserta Pemilu 2019, 11 di antaranya memiliki hasil di bawah PT atau ambang batas parlemen. Artinya, jika raihan suara nasional parpol peserta Pemilu kurang dari 4%, dipastikan tidak akan menempatkan wakilnya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

So, berapapun raihan suara calon anggota legislatif (caleg) jagoan kamu dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi) untuk DPR RI menjadi hangus, Gaess.

Berikut adalah hasi survei elektabilitas parpol menurut empat lembaga survei nasional. Metode survei mengunakan multistage random sampling dan margin of error sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Rata-rata sebanyak 22,2 persen responden belum menentukan pilihannya.

1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)

PDI-P memiliki pemilih tradisional di Kota/Kabupaten Sukabumi, sehingga diprediksi akan kembali menempatkan wakilnya di DPR RI mewakili Dapil Kota/Kabupaten Sukabumi.

Hasil survei elektabilitas menurut Lembaga Media Nasional (Median): PDI-P meraih 26 persen, Lembaga Survei Alvara: 24,9 persen, LSI Denny JA: 24,8 persen, dan Roda Tiga Konsultan: 24,8 persen.

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Meskipun terbilang partai baru, namun partai ini mampu menampatkan wakilnya di DPR RI mewakili Dapil Kota/Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2014, setelah pada Pemilu 2009 gagal meraih kursi DPR RI.

Hasil survei elektabilitas menurut Lembaga Media Nasional (Median) Partai Gerindra meraih 16,5 persen, Lembaga Survei Alvara: 15,6 persen, LSI Denny JA: 13,1 persen, dan Roda Tiga Konsultan: 12,4 persen.

3. Partai Golongan Karya (Golkar)

Secara nasional trend perolehan suara partai ini cenderung terus turun. Namun, Partai Golkar memiliki pemilih tradisional di Kota/Kabupaten Sukabumi, sehingga diprediksi akan kembali menempatkan wakilnya di DPR RI mewakili Dapil Kota/Kabupaten Sukabumi.

Hasil survei elektabilitas menurut Lembaga Media Nasional (Median) Partai Golkar meraih 8,8 persen, Lembaga Survei Alvara: 8,8 persen, LSI Denny JA: 11,3 persen, dan Roda Tiga Konsultan: 8,8 persen.

BACA JUGA:

Hiruk pikuk politik, ini 5 hal yang wajib diperhatikan milenial Sukabumi

5 alasan munculnya tuntutan Jampang mekar dari Kabupaten Sukabumi

Gen Y Sukabumi, Pemilu 2019 ada 5 lembar surat suara yang harus dicoblos, ini dia

4. Partai Demokrat (PD)

Secara nasional trend perolehan suara partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini relatif stabil. Pada Pemilu 2009 lalu, PD mampu menempatkan dua orang wakilnya dari Dapil Kota/Kabupaten Sukabumi. Pada Pemilu 2014 partai ini tidak berhasil mengulang sukses Pemilu sebelumnya. Namun, pada Pemilu 2019 ini, diprediksi akan kembali menempatkan wakilnya di DPR RI mewakili Dapil Kota/Kabupaten Sukabumi mengingat komposisi keenam caleg untuk DPR RI-nya teruji sebagai vote getter.

Hasil survei elektabilitas menurut Lembaga Media Nasional (Median) Partai Demokrat meraih 8,6 persen, Lembaga Survei Alvara: 4,6 persen, LSI Denny JA: 5,2 persen, Roda Tiga Konsultan: 7,8 persen.

5. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Secara nasional perolehan suara partai dengan basis massa kaum nahdliyin ini diprediksi lolos ke Senayan. Namun, sayangnya partai ini selalu gagal menempatkan wakilnya dari Dapil Kota/Kabupaten Sukabumi.

Hal ini karena kaum nahdliyin Kota/Kabupaten Sukabumi cenderung menyalurkan aspirasinya ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun, sayangnya lagi, meskipun partai ini memiliki wakilnya di Senayan, tetapi hasil survei empat lembaga menunjukkan jika suara partai berlambang Ka’bah ini di bawah 4% suara nasional.

So, jika kamu ragu PKB dan PPP mampu menempatkan wakilnya dari Dapil Kota/Kabupaten Sukabumi, kamu masih tetap bisa menyalurkan suara kamu ke empat partai di atas ya, Gaess.

Hasil survei elektabilitas menurut Lembaga Media Nasional (Median) PKB meraih 8,7 persen, Lembaga Survei Alvara: 4,7 persen, LSI Denny JA: 6,7 persen, Roda Tiga Konsultan: 6,2 persen.

Nah, Gaess. Dalam memilih wakil rakyat, sebaiknya kamu abaikan partainya karena semua partai tentu saja memiliki tujuan-tujuan mulia ya, kan? Yang paling penting kamu perhatikan, pertama, visi misi calon anggota legislatif yang kelak akan mewakili kamu di DPR RI.

Kedua, sedikit primordial nih, Gaess, tetapi untuk kebaikan bersama tentu saja tidak masalah. Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah tempat tinggal calon legislatif. Untuk yang satu ini, prioritaskan pilihan kamu untuk caleg putra daerah alias bertempat tinggal di Kota/Kabupaten Sukabumi. (dari berbagai sumber)

  • 11
    Shares
Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *