Wow, bumi super penuh batu permata, ini 5 fakta gen XYZ Sukabumi mesti tahu

Astronom menemukan sebuah planet yang penuh dengan batu rubi dan safir.

Bayangkan nih Gengs, bagaimana jika ada sebuah planet yang diketahui penuh dengan batu permata seperti berlian, batu rubi, safir dan lain-lain. Ternyata itu bukan sebuah imajinasi, melainkan sebuah temuan saintifik para astronom. Wow, betapa indahnya planet itu ya, Gengs.

Berikut lima info terkait temua planet penuh batu permata!

1. Temuan planet penuh dengan batu permata

Dalam laporan bulanan sains yang diterbitkan oleh Royal Astronomical Society, sekelompok ilmuwan Eropa mengklaim telah menemukan planet yang berlimpah dengan kandungan batu permata, semcam batu rubi dan safir.

Laporan itu diambil dari hasil penelitian yang dilakukan oleh astronom dari University of Cambridge, Amy Bonsor dan koleganya. “(Tujuan penelitian ini adalah) mempelajari komposisi benda-benda berbatu di luar tata surya kita yang telah ditelan sisa-sisa bintang seperti matahari kita yang disebut kurcaci putih,” ungkap Bonsor.

2. Penemuan planet HD219134b

Awalnya, para astronom di bawah koordinasi Bonsor menyelidiki jenis kimia dan kondisi yang timbul dari planet berbatu. Mulanya, penelitian yang dilakukan bertujuan memahami bagaimana planet berbatu terbentuk. Studi ternyata mengungkap bahan seperti kalsium dan aluminium lazim ditemukan di planet berbatu.

Selain itu, mereka mencoba mengetahui kondisi seperti apa yang mungkin memunculkan planet yang seluruhnya terbuat dari batu permata. Pencarian itu membawa Bonsor menemukan HD219134b, sebuah Bumi-super yang penuh dengan batu rubi dan safir.

BACA JUGA:

PVMBG: longsor dan banjir bandang ancam Sukabumi, 5 info gen XYZ mesti aware

Seru, Track Pantai Ujunggenteng Sukabumi dan 5 event pada ulang tahun karang taruna

Pelangi abadi yang Instagramable di Sukabumi, apapun musimnya tetap Rainbow Bridge

3. Mengapa disebut bumi super

Planet HD219134b juga disebut dengan “bumi super.” Disebut demikian karena dikatakan planet ini mempunyai kemiripan dengan Bumi kita. Meski demikian, planet ini sekitar 10-20 persen lebih padat dibanding Bumi.

Kepadatan planet bumi super diduga berkaitan dengan tingkat konsentrasi kalsium dan aluminium, yang berperan penting dalam pembuatan batu permata. Tak hanya itu, planet ini juga memiliki suhu tinggi yang memfasilitasi pembentukan batu permata. Hal tersebut membuat para peneliti percaya bahwa Bumi-super ini penuh dengan batu rubi dan safir.

4. Di mana lokasi planet bumi super?

Planet bumi super terletak 21 tahun cahaya dari rasi bintang Cassiopeia. Orbit planet ini hanya berlangsung tiga hari untuk sekali mengelilingi bintang induknya. Cassiopeia adalah suatu rasi bintang di belahan utara yang melambangkan ratu legenda dari Ethiopia, Cassiopeia, yang merupakan istri dari Cepheus dan ibu dari Andromeda.

Rasi ini adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga satu dari 48 yang didaftar oleh Ptolemy. Rasi ini sangat mudah dikenali karena berbentuk W yang khas,yang dibentuk oleh 5 bintang terang.Rasi ini berbatasan dengan Andromeda ke selatan, Perseus di tenggara, dan Cepheus ke utara. Dan dari lintang utara dapat dilihat jelas pada awal November.

5. Pencarian exoplanet

Gaess, yang dimaksud exoplanet adalah planet yang berada di luar Tata Surya. Rupanya ada trend di kalangan astronomo dunia untuk terus berupaya menemukan exoplanet. Bonsor pun menyatakan ia dan koleganya tak ingin berpuas diri dengan temuannya bumi super. Timnya berencana untuk mencari lebih banyak kandidat exoplanet yang memperlihatkan jenis komposisi kimia serupa.

Rencana itu mendapat tanggapan dari misi PLATO, sebuah survei planet ekstrasurya (exoplanet) yang dipelopori oleh Badan Antariksa Eropa. Tujuan akhirnya adalah menjelaskan bagaimana sebuah planet seperti Bumi terbentuk.

Well Gaess, setidaknya saat ini kita tahu bahwa ada planet lain di luar sana yang berkilauan cerah dengan batu merah dan biru. Wow! (dari berbagai sumber)

  • 22
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *