5G segera diluncurkan, apa manfaatnya dan smartphone gen XYZ Sukabumi udah sesuai?


Feryawi Heryadi

Writed by: Feryawi Heryadi
Editor by: Feryawi
19 Jan 2019 | 0:42 WIB


Teknologi sinyal 5G kabarnya segera diluncurkan tahun 2019 atau 2020.

Perkembangan teknologi memang sangat terasa sekali manfaatnya untuk kelangsungan di dunia komunikasi ya, Gengs. Keterkaitan penyedia teknologi sinyal yang belum lama dirilis ini tentu bisa memberi kecepatan transfer data internet menjadi sangat cepat.

Belum lama ini teknologi sinyal 4G yang mempunyai kecepatan di atas rata-rata diluncurkan di berbagai negara, sekarang wacana kemunculan teknologi sinyal 5G kabarnya segera diluncurkan tahun 2019 atau 2020.

Hadirnya teknologi baru ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat secara luas. Ya tentu saja sisi positif yang dirasakan adalah mengenai komunikasi yang begitu cepat dilakukan dari masing masing pengguna smartphone, di mana dengan adanya teknologi 5G yang konon kecepatanya mencapai 10 gbps.

Nah,Gengs, biar lebih jelas berikut lima infonya.

1. Pertumbuhan perangkat IoT (Internet Of Thing)

Perkembangan ini memungkinkan akan transfer data yang begitu cepat sekali terjadi, kita tidak perlu lagi bertatap muka dengan lawan bicara kita yang jaraknya boleh di bilang lumayan jauh sekali. Dengan teknologi IoT ini kemampuan untuk transfer data melalui jaringan, tanpa harus berinteraksi manusi dengan manusia, atau manusia dengan komputer.

Tak hanya itu kabarnya ketika teknologi 5G ini datang, kedudukan manusia banyak yang tergantikan oleh sebuah mesin. contohnya pada supir mobil yang posisinya bisa di gantikan dengan mesin, melalui jaringan 5G ini boleh bisa dijalankan dengan teknologi ini, sungguh keren bukan, makanya kenapa dinamakan posisi manusi tergantikan, contoh semacam ini berdampak pada kategori dunia industri otomotif.

2. Manfaat bagi penyedia layanan operator dan pengguna

Tentunya manfaat positif akan di rasakan oleh semua jasa layanan operator penyedia kartu perdana yang ada di indonesia, begitu juga dengan penggunanya, tentunya dengan di terapkanya teknologi 5G ini, penggunaan data akan lebih efisien, selain itu juga teknologi 5G ini juga menunjukan evolusi yang begitu mulus dari peralihan teknologi 4G ke teknologi 5G, dan nanti ketika masa uji cobanya akan menyediakan kuota di kisaran 3.5gb, 26gb, dan 28gb.

BACA JUGA:

Pertama di Indonesia, jalur maut Cikidang Sukabumi dipasang road barrier, cek kuy fungsinya

Pakar ITB: Sukabumi berpotensi gempa-tsunami besar, ini 5 penjelasan agar kita waspada

Ada mode malam hari, ini 5 fitur WhatsApp terbaru 2019, gen XYZ dah tahu belum?

3. Perubahan Model Bisnis

Untuk saat ini memang pemerintah sudah menyiapkan infrastruktur dan spektrum untuk menyongsong datangnya teknologi sinyal 5G ini, pemerintah optimis dengan spektrum frekuensi 3,5 GHz bisa menyongsong teknologi 5G ini. Kenapa di sini dikatakan akan terjadi perubahan model bisnis, boleh dibilang ini yang mungkin akan menyulitkan pertelevisina di indonesia, kebanyakan dari kita msih menggunakan teknologi analog. Dengan adanya teknologi jaringan ini maka masyarakat akan meninggalkan televisi analog karena akan beralih ke teknologi 5G yang resolusinya lebih tinggi.

4. Akan Berpengaruh Pada Jaringan 2G

Jika teknologi sinyal 5G ini di terapkan di tahun depan, maka tidak menutup kemungkinan jaringan sebelumnya yaitu 2G akan di tutup, namun ini harus memerlukan kesepakatan bersama, pasalnya jika masyarakat sudah menggunakan teknologi 5G ini tentunya teknologi 2G tidak akan efisien dalam penggunaanya karena masih menggunakan teknologi yang lama.

5. Manfaat Bagi Sebagian Operator

Salah satunya operator XL yang dalam uji coba penggunaan teknologi sinyal 5G ini menggandeng Facebook, Nokia Huawei dan Ericson untuk melakukan uji coba dalam penerapan teknologi ini sebagai partner.

Gimana Gengs, semoga bisa memberian penceraha ya.

  • 8
    Shares
Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *