Ada 100 ribu lowongan CPNS Maret 2019, 5 info gen XYZ mesti tahu

Bagi gen XY Sukabumi yang masih berkesempatan ikut seleksi, ayo siapkan!

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pastinya masih menjadi idaman bagi banyak kalangan masyarakat. Nah, pemerintah di tahun 2019 telah menyediakan peluang sebanyak 100.000 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ingin tahu Gaess? Berikut lima info yang bisa kamu simak!

1. Seleski CPNS dibuka Maret 2019

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan kembali membuka lowongan CPNS. Menteri PAN-RB Syafruddin mengatakan rencananya lowongan CPNS akan kembali dibuka tahun ini, tepatnya pada Maret 2019. “2019 nanti Maret ada lagi penerimaan CPNS,” kata Syafruddin di DPR, Jakarta, Selasa (22 Januari) seperti dikutip dari Antara.

Informasi tentang rencana pemerintah untuk membuka kembali lowongan CPNS di 2019 ini memang sudah beredar sejak awal Januari. Bahkan, beredar sebuah paparan berlogo Kementerian PAN-RB tentang Rencana CASN (calon aparatur sipil negara) Tahun 2019.

2. Lanjutan dari tahun 2018

Lebih lanjut Syafruddin mengatakan, pembukaan lowongan kali ini sama seperti pada 2018 lalu. Setiap instansi membuka lowongan sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja, jumlah lowongan yang dibuka tak sebanyak tahun 2018 lalu. “Seperti 2018 tapi jumlahnya tidak sebanyak 2018. (Tahun) 2018 238.000, kalau 2019 100.000,” jelas Syafruddin.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir. Dia mengatakan pembukaan lowongan kali ini merupakan lanjutan dari rekrutmen CPNS tahun lalu. “Memang kebutuhan berdasarkan masukan K/L. Ini kan proses lanjutan dari tahun anggaran sebelumnya,” katanya seperti dikutip dari antara.

BACA JUGA:

Gen XY Sukabumi mau usaha jualan pohon pisang bonsai? Perhatikan 5 hal ini

5 tanya jawab basa Sunda jeung tuna netra Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi

3. Ada lowongan honorer juga di PPPK

Selain CPNS, pemerintah juga bakal melakukan perekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau P3K dibuka dalam waktu dekat ini. Pada tahap pertama dalam waktu dekat ini, rekrutmen ternyata hanya untuk tiga formasi bidang dan tenaga honorer jadi prioritas. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, rekrutmen pertama ini adalah pendaftaran tahap awal.

Di mana formasi PPPK atau P3K yang akan diserap adalah tenaga di bidang pendidikan, kesehatan, dan penyuluh pertanian. Bima juga memastikan rekrutmen pada tiga sektor formasi tersebut diprioritaskan bagi tenaga honorer yang sebelumnya sudah bekerja di sana.

4. Syarat-syarat seleksi honorer PPPK

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama melamar menjadi PPPK untuk Jabatan Fungsional (JF) dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.

Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar

Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Penyampaian semua persyaratan pelamaran sebagaimana dimaksud diterima paling lama 10 (sepuluh) hari kerja sebelum pelaksanaan seleksi.

5. Apa yang harus dilakukan bila ingin lolos CPNS?

Pengumuman akhir CPNS 2018 nyaris rampung diumumkan oleh masing-masing instansi. Ribuan peserta pun gugur, dan muncullah nama-nama abdi negara yang dianggap layak mengisi setiap formasi jabatan. Nah, bagaimana supaya kamu bisa lolos tes CPNS, Gaess. Inilah sederet tips dan trik yang bisa dilakukan para pelamar CPNS 2018 yang gagal agar bisa berhasil di CPNS 2019 :

Habiskan jatah gagal Anda. Jika kita tidak pernah berhenti mencoba, dan selalu pantang menyerah, maka saat kita sudah tidak muda lagi “jatah gagal” kita sudah habis, yang juga berarti bahwa kita sudah berhasil mencapai apa yang selalu kita inginkan.

Tetapkan instansi sasaran di CPNS 2019. Dengan menetapkan instansi sasaran, maka kalian bisa mereview pengumuman penerimaan CPNS 2018 di instansi-instansi tersebut. Perhatian detail persyaratan CPNS 2018 di instansi yang kalian sasar di CPNS 2019. Lalu lengkapilah berkas-berkasi tersebut.

Cari info grup Whatsapp pelamar CPNS 2018 di instansi yang kalian incar di 2019. Sepanjang CPNS 2018 berlangsung, para pelamar CPNS 2018 ternyata banyak membuat grup whatsapp. Grup whatsapp itu adalah sumber info yang paling sempurna untuk kalian mengetahui bagaimana seleksi CPNS 2018 berlangsung.

Lamar formasi jabatan serupa dengan yang kalian pilih di CPNS 2018. Ini berlaku bagi mereka yang melamar di CPNS 2018 dan gagal. Dengan begitu kalian sudah mengetahui jenis-jenis tesnya, dan memiliki akses langsung ke para pelamar yang berhasil di CPNS 2018.

Belajarlah dari sekarang. Mulailah mengumpulkan buku-buku soal CPNS terbaru, dan siapkan waktu belajar setiap hari, atau sepekan sekali.

Rajinlah Berdoa. Ini juga salah satu hal terpenting. Berdoalah.

Semoga sukses ya, Gaess! (dari berbagai sumber)

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *