Keren nih, Gengs, Hari Film Nasional 2019 di Sukabumi, datang, nonton, gratis pula

#HFN2019DISUKABUMI.

Hari Film Nasional (HFN) diperingati oleh insan perfilman Indonesia setiap tanggal 30 Maret karena tepat pada 30 Maret 1950, adalah hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi yang disutradarai oleh Usmar Ismail.

Nah, Gengs, khusus #HFN2019DISUKABUMI, Komunitas Cinta Film Indonesia menggelar berbagai event yang sayang banget kalau kalian lewatkan. Apa aja sih eventnya? Simak kuy lima infonya.

1. Bioskop keliling di tujuh titik

Dalam rangka Hari Film Nasional ini, Komunitas Cinta Film Indonesia (KCFI) bekerjasama dengan Persatuan Karyawan Film dan Televisi (KFT Korda Sukabumi) dan SMK Pasim Plus Kota Sukabumi serta dukungan dari Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud RI, akan mengadakan berbagai program yang menghibur dan mencerahkan warga Kota dan Kabupaten Sukabumi.

“Banyak kegiatan dalam rangka memeringati HFN di Sukabumi ini, seperti Biskop Keliling di tujuh titik,” kata Ketua KCFI Sukabumi Agus Permana kepada sukabumiXYZ.com, Minggu (10/3/2019).

2. Kegiatan #HFN2019DiSukabumi

Ditambahkan pria yang akrab disapa Agus Dop ini, kegiatan juga akan diisi dengan Pelantikan Pengurus KCFI Sukabumi, pemutaran film panjang, pemutaran film sineas Sukabumi, diskusi special Hari Film Nasional, workshop film, dan bioskop keliling di tujuh titik (kecamatan).

“Selain itu, kita juga akan mengadakan Kemah Film JFRS atau Jambore Film Remaja Sukabumi 2019. Kalau untuk bioskop keliling tempatnya masih tentatif, tetapi yang jelas di tujuh kecamatan. Ini bisa menjadi salah satu alternatif budaya menonton dengan tajuk Bioskop Keliling terhadap masyarakat yang rindu dengan bioskop di Sukabumi,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Game Dilan sudah didownload 200 ribu kali, 5 fakta ini gen XYZ Sukabumi sudah tahu?

Film ini dibuat zaman Belanda, nomor 5 produsernya wartawan asal Sukabumi

Gengs, 5 film ini syuting di Sukabumi! Ada dari Hollywood lho

Guys, Ini Lho 5 Fakta Keren Sukabumi Film Week

3. Mendorong kreativitas film di daerah

Selain bertujuan membantu hak-hak penciptaannya, tambah Agus, #HFN2019DISUKABUMI juga merupakan bentuk apresiasi dan upaya memotivasi rekan-rekannya untuk menciptakan karya-karya baru yang lebih dinamis.

“Terus mendorong keberhasilan rekan dalam mengembangkan perfilman di daerah. Tidak sedikit karya-karya anak Sukabumi sudah mulai di apresiasi di tingkat nasional, bahkan mendunia. Budaya gotong royong berjejaring dan berkolaborasi baik itu filmmaker, masyarakat, dan pemerintah sehingga bisa menciptakan Karya-karya dan pembuatan film yang lebih kreatif,” jelasnya.

4. Lokasi acara

Oh iya, Gengs, event #HFN2019DISUKABUMI akan digelar pada Rabu-Minggu, 27-31 Maret 2019, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi dan Villa Yustik Selabintana, Kabupaten Sukabumi.

“Datang, nonton, dan gratis, serta terbuka untuk umum,” pungkas Agus.

5. Dukungan berbagai pihak

#HFN2019DISUKABUMI ini mendapat dukungan dari Sukuraga, Sukabumi Film, Sukabumi Creative Hub, Pasim, dan Forum Film Sukabumi. Selain itu, Event Sukabumi, Sinar Pagi, Premieremagzid, Kompastv Sukabumi, dan sukabumiXYZ.com.

Majulah Film Indonesia, Sejahteralah Filmmakernya.

Ikutan yuk, Gengs. Nyesel lho kalo enggak. Sebelum ada bioskop lagi di Sukabumi, kapan lagi kita bisa nonton film ramai-ramai di ruang publik?

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *