5 fakta terbaru Maung Bandung, Bobotoh Sukabumi sudah tahu?

Persib “Maung” Bandung memiliki skuat gemuk dan ada pemain yang berpotensi dipinjamkan.

Persib Bandung saat ini memiliki skuat gemuk, setelah kedatangan Achmad Jufriyanto dan Artur Gevorkyan, yakni 32 pemain dan belum melakukan launching tim. Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S Taryono mengatakan, pihaknya belum menentukan waktu untuk launching tim.

Sedangkan kick-off Liga 1 Indonesia 2019 rencananya akan digelar 15 Mei. Dengan begitu, hanya menyisakan waktu beberapa pekan lagi bagi Persib untuk launching.

Nah, biar Bobotoh Persib Bandung di Sukabumi gak penasaran, berikut lima fakta terbaru tim Maung Bandung.

[1] Skuat gemuk Maung Bandung

Gemuknya skuat Persib Bandung memungkinkan beberapa pemain akan dipinjamkan seperti halnya musim lalu. Adapun pemain yang kini berkostum Persib, penjaga gawang, M Natshir Fadhil Mahbuby, Imade Wirawan, dan Muhammad Aqil Savik. Pemain bertahan, Supardi Nasir, Henhen Herdiyana, Indra Mustafa, M Sabillah, Ardi Idrus, Zalnando, Bojan Malisic, Fabiano Beltrame, Ahmad Jufriyanto, dan Saepulloh Maulana.
Di tengah ada Dedi Kusnandar, Hariono, Kim Jefrey Kurniawan, Abdul Aziz, Gian Zola Nasrullah, Beckham Putra Nugraha, dan Erwin Ramdhani.

Sedangkan pemain sayap, Febri Hariyadi, Agung Mulyadi, Puja Abdillah, Frets Butuan, Ghozali Siregar, Fulgensius Billy Paji Keraf, dan Esteban Vizcarra. Untuk penyerang tim kebanggan warga Jawa Barat ini memiliki Ezechiel NDouassel, Arthur Gevorkyan, Wildan Ramdani, Muchlis Hadi Ning, dan Syafril Letsaluhu. Belum lagi terdapat pemain Diklat Persib yang kerap dibawa berlatih, yakni Ilham Qolba dan Mario Jardel.

Selain itu, pastinya Persib akan kembali merekrut satu pemain asing, karena memiliki satu slot kosong setelah mencoret Srdan Lopicic.

[2] Lopicic dicoret, ini curhat Radovic

Persib Bandung mengakhiri desas-desus dicoretnya salah satu pemain asing usai mencoret Srdan Lopicic. Dikutip dari laman resmi Persib, Lopicic akhirnya dilepas manajamen dengan alasan kebutuhan tim. “Sangat sulit mendengar kabar seorang pemain keluar dari tim. Tapi, dalam situasi seperti ini dia (Lopicic) harus menghentikan kerja sama dengan kami,” ujar Pelatih Kepala Miljan Radovic.

Pemain asal Montenegro tersebut menjadi yang pertama dilepas setelah pelatih Radovic mengumumkan akan merampingkan skuatnya. Saat ini, Persib Bandung memiliki 32 pemain dan akan menyusut menjadi 25 pemain saja.

Kekalahan 1 – 2 yang diderita Persib Bandung atas Borneo FC di leg pertama (Rabu, 24/4/2019) Piala Indonesia menjadi catatan negatif bagi Radovic. Selama 8 kali menangani Persib Bandung di pertandingan resmi ia baru memepersembahkan dua kemenengan.

Kemenangan pertama kala menjamu Persiwa Wamena di Piala Indonesia dengan skor 7-0. Sementara kemenangan lainnya ketika Persib Bandung mengungguli Perseru Serui di penyisihan grup Piala Presiden 2019. Selebihnya Miljan Radovic hanya mampu memberikan tiga kali hasil imbang serta tiga kekalahan bagi Persib Bandung.

Kekalahan terakhir versus Pusamania Borneo FC pun meluluhkan hati Radovic atas adanya desakan Bobotoh untuk memecat Srdjan Lopicic. Gelandang asal Montenegro tersebut didatangkan manajemen Persib pada jendela transfer musim ini. Namun, belum sempat turun di Liga 1, manajemen Maung Bandung sudah mengakhiri kerja sama dengan Lopicic.

Belum ada alasan yang jelas kenapa pemain berusia 35 tahun itu dilepas manajemen tim. Padahal, Lopicic belum sempat mencicipi panasnya Liga 1 dan baru bermain di turnamen pra musim Piala Presiden dan Piala Indonesia.

Radovic mengatakan bahwa pemutusan kerja sama dengan Lopicic merupakan kesepakatan ia dengan manajemen tim. Namun, ia tak menyertakan alasannya. “Kamu tahu kami selalu berbicara dengan manajemen dan saya mengikuti mereka, kalau saya bicara perlu pemain baru dan mereka bantu, saya berharap kami bisa jadi tim kuat nanti,” ujarnya, Kamis (25/4/2019).

Radovic mengaku sebenarnya berat harus melepas Lopicic dari skuatnya musim ini. “Saya sudah bicara itu sepak bola, sangat sulit untuk berbicara kepada pemain untuk keluar. Saya berharap yang terbaik untuk Lopi,” katanya.

Seperti diketahui, beberapa menit setelah Persib Bandung kalah dari Borneo FC 2-1, dalam pertandingan leg pertama babak delapan besar Piala Indonesia di Stadion Segiri Samarinda, akun media sosial Instagram Persib Bandung memposting ucapan selamat jalan untuk Srdjan Lopicic, pemain asal Montenegro yang baru didatangkan pada Januari 2019.

Tak lama setelah unggahan tersebut, berita soal pemutusan kerja sama Persib dengan Lopicic pun muncul di laman resmi official Persib. Namun isinya hanya secuil kutipan dari Radovic yang berat melepas Lopicic, tidak ada alasan jelas baik itu dari manajemen tim atau dari Lopicic sendiri, perihan pemutusan kerja sama tersebut.

Saya mengerti situasi seperti ini. Tapi, tim ini belum komplit dan sudah banyak cacian, padahal ini baru free season, bukan kompetisi. Banyak orang tidak mengerti, free season itu persiapan untuk Liga, mungkin pelatih masih mau coba pemain dan taktik.

“Sejak kedatangan Anda, bobotoh melakukan penolakan. Apakah Anda tahu? bagimana perasaan Anda ketika itu? Ini bukan untuk semua Bobotoh, tapi untuk satu kelompok Bobotoh saja. Ada beberapa akun Instagram yang followersnya 1,5 juta langsung posting tolak Lopicic, saya jelek. Banyak orang yang tidak tahu alasannya tapi ikut-ikutan. Saya pernah tanya satu orang, alasannya kenapa (menolak saya) tapi dia tidak tahu, karena semua orang bicara Lopi out.”

BACA JUGA:

Dari negara mana dan kapan datang? Ini 5 info pemain Asia Persib Bandung

Empat pemain baru dan striker Asia, ini 5 info terbaru Persib buat Bobotoh Sukabumi

[3] Siapa pengganti Lopicic

Dilepas mantan penggawa Arema FC Srdan Lopicic membuat slot pemain asing menjadi kosong satu. Radovic bertekad menambah pemain anyar. “Saya ingin ini (perekrutan pemain baru) bisa berjalan cepat,” katanya.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono, mengatakan bahwa semua keputusan tentang pemain ada di tangan pelatih kepala, Miljan Radovic. Termasuk juga pemain-pemain yang nantinya akan dilepas atau dipertahankan.

“Pokoknya pemain semua slot yang sudah ada, semuanya keputusan pelatih, termasuk ada pemain yang tidak dipertahankan,” ujar Kuswara.

Lalu siapa pemain asing keempat Persib Bandung?

Merujuk rumor-rumor sebelumnya, beberapa pemain dikabarkan diincar. Sempat beredar kabar bahwa pemain asing Asia yang akan direkrut Persib Bandung merupakan mantan timnas Korea Selatan. Namun, Kuswara masih tertutup soal perekrutan pemain asing Asia.

Kuswara menyebut bahwa manajemen masih terus mendiskusikan kepastian pemain yang belum bisa disebutkan namanya tersebut. “Ini yang nanti kami sedang pastikan dulu karena memang terus terang kami sedang mematangkan pemain asing ini, jadi kalau sosoknya ada, akan dikasih tahu,” ujar Kuswara.

Diakuinya saat ini ada beberapa alternatif pemain yang akan direkrut oleh Persib Bandung. Untuk itu ia meminta bersabar karena jika sudah final, sosoknya akan segera diumumkan. “Ada beberapa alternatif soalnya, makanya kalau sudah final, baru (diumumkan) sosoknya. Sudah pasti slot Asianya, maka kami akan beritahu lebih lanjut,” ucapnya.

[4] Leg kedua Piala Indonesia diundur

Pertandingan leg kedua perempatfinal Piala Indonesia 2018 antara Persib Bandung melawan Borneo FC resmi ditunda. Semula, laga itu dijadwalkan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Senin (29/4/2019).

Akan tetapi, pihak kepolisian tidak mengeluarkan izin agar laga bisa digelar. Alasannya, polisi masih sibuk melakukan pengamanan Pemilu 2019 dan sedang persiapan menghadapi May Day.

“Kami sudah mengupayakan untuk menjalani proses perizinan untuk bisa menggelar pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat pada 29 April. Tapi pihak kepolisian tidak memberikan izin karena masih sibuk,” kata General Coordinator Local Panpel Budhi Bram, Jumat (26/4/2019).

Informasi soal tidak mendapat izin itu sudah disampaikan ke PSSI. Kini, Persib masih menunggu jadwal terbaru untuk segera diurus perizinannya. “Kami sudah laporkan ke PSSI soal tidak bisanya menggelar pertandingan pada senin nanti. Yang pasti untuk senin tidak bisa digelar dan pihak kepolisian meminta jadwal dimundurkan. Soal kapan waktunya (jadwal terbaru), kita masih menunggu rekomendasi dari PSSI,” jelas Bram.

Laga Persib vs Borneo FC sendiri sangat penting bagi kedua tim. Laga itu jadi penentuan siapa yang akan lolos ke Semifinal Piala Indonesia 2018. Pada leg pertama di Stadion Segiri, Samarinda, laga berakhir 2-1 untuk keunggulan Borneo FC.

Leg kedua pun diprediksi akan berjalan sengit. Sebab, bagi Borneo FC, hasil imbang sudah cukup membawa mereka lolos ke semifinal. Sebaliknya, Persib wajib menang minimal 1-0. Itu karena Persib punya bekal satu gol tandang pada leg pertama.

Sementara itu, sebagai gantinya, pihak kepolisian menawarkan Sabtu, 4 Mei 2019, sebagai tanggal penyelenggaraan pertandingan leg kedua antara Persib Bandung kontra Borneo FC.

[5] Launching tim bulan depan

Menurut Kuswara, untuk launching tim, pihaknya belum menentukan waktunya. “Launching tinggal menunggu momen yang pas, nanti kalau memang sudah ada kejelasan baru kami pastikan,” ujar kuswara, Jumat (26/4/2019).

Sedangkan kick-off Liga 1 Indonesia 2019 rencananya akan digelar 15 Mei. Dengan begitu, hanya menyisakan waktu beberapa pekan lagi bagi Persib untuk launching.

Menurut Kuswara, kemungkinan Persib akan launching tim bulan depan, namun tidak menyebut tanggal pastinya.

[dari berbagai sumber]

Feryawi Heryadi

Feryawi Heryadi

FERYAWI HERYADI adalah Pemimpin Redaksi sukabumiXYZ.com. Lahir di Sukabumi pada 17 Agustus 1975. Fery lebih berpengalaman di bidang disain grafis, pertama kali mempelajari disain grafis di Koran Republika, setelah itu menimba ilmu dan pengalaman disain grafis dari banyak media lokal, nasional, hingga regional. Pernah bekerja di Koran Investor Daily, majalah SINDO Weekly (MNC Grup), Majalah BUMN Insight, Pantau.com, Jakarta. FERYAWI kini sebagai konsultan disain grafis untuk beberapa perusahaan di Jakarta, serta konsultan media dan digital marketing Universitas Nusa Putra. Silakan klik www.feryheryadi.com untuk cek portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *