Gaess, ini lho 5 destinasi wisata di utara Sukabumi wajib kamu kunjungi

Wisata ke pantai atau gunung mungkin sudah terlalu biasa.

Sukabumi merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata yang cukup beragam. Ada banyak tempat wisata di Sukabumi yang menarik dikunjungi saat liburan tiba. Mulai dari wisata alam, tempat bersejarah maupun objek wisata lainnya.

Kalian warga Sukabumi layak bangga, karena wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi akan membawa pengalaman menyenangkan untuk diceritakan. Selain soal kemacetan lalu lintas tentunya ya, Gengs. Hahaha.

Di Sukabumi, traveller bisa memilih destinasi wisata yang diinginkan. Hawa sejuk yang masih asri menjadi suguhan yang tak terlupakan. Kondisi ini tidak terlepas dari topografi wilayah Sukabumi yang dikelilingi oleh pegunungan.

Jika berwisata ke pantai atau gunung mungkin sudah terlalu biasa bagi kalian, sehingga butuh suasana liburan berbeda dan mengesankan. Tapi jangan kuatir, Gaess, karena ulasan di bawah ini adalah lima tempat wisata di Sukabumi yang sedang hits dikunjungi. Cek kuy.

[1] Jembatan gantung

Satu lagi destinasi terbaru di Sukabumi yang turut akan meramaikan dunia parawisata, yaitu jembatan Gantung. Objek wisata ini berada di kawasan Situ Gunung yang merupakan wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Jembatan ini menghubungkan antara dua bukit dengan panjang sekitar 240 meter yang diperkirakan dapat memecahkan rekor MURI saat ini.

Adrenalin akan terpacu di wilayan ini karena berada di jurang yang cukup dalam. Meski masih dalam tahap pengembangan beberapa sarana, jembatan gantung ini mulai hits dikunjungi wisatawan. Lokasi: Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

[2] Gunung Kayu Damar

Gunung Kayu Damar merupkan destinasi wisata terbaru di Sukabumi yang bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam dari ketinggian bukit. Semua titik kota Sukabumi tampak jelas dari puncak Gunung Kayu Damar. Hal itu menjadi pembeda dengan tempat wisata lainnya di Sukabumi. Agar lebih leluasa menikmati panorama sekitar, pengelola setempat menyediakan bebera fasilitas tambahan. Seperti menara tenjo laut, pintu ke mana saja, kapal ferry GKD, dan beberapa gazebo.

Fasilitas tersebut sengaja diadakan sebagai tempat berswafoto bagi mereka yang gemar mencari tempat berfoto. Dengan fasilitas tersebut, wisatawan terus berdatangan ke obyek wisata ini yang baru beroperasi sekitar akhir tahun 2017. Gunung Kayu Damar berlokasi di Kampung Cipicung, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi.

Editor’s Pick:

Keren Gengs, ini 5 fenomena alam yang menjadi tempat wisata di Sukabumi

5 obyek wisata alam di utara Kabupaten Sukabumi yang memesona

[3] Bukit Karang Numpang

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Sukabumi dari ketinggian, maka tempat wisata ini bisa menjadi solusinya. Bukit Karang Numpang merupakan wisata alam terbaru yang belakangan mulai hits diperbincangkan.

Hanya dengan berjalan sekitar 10 menit dari tempat parkir, kamu akan mencapai puncak bukit dengan pemandangan yang mempesona. Tempat wisata ini merupakan salah satu spot foto terbaik di Sukabumi yang wajib dikunjungi saat liburan. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi.

[4] Bukit Karang Para

Wisata Hits Bukit Karang Para Sukabumi Jawa Barat
Photo by @alifinsanwahyudina

Nah, Gaess, yang satu ini juga gak kalah kerennya. Bukit Karang Para belakangan menjelma menjadi objek wisata hits kekinian di Sukabumi. Perpaduan bebatuan alam dengan kondisi alam sekitar menjadi daya tarik wisatawan yang gemar berburu suasana berbeda. Objek wisata hits ini digemari oleh wisatawan yang mencari spot foto selfie dengan latar platform kecil antara dua bebatuan.

Oh iya, saat kamu berkunjung ke sini, carilah waktu yang tidak ramai pengunjung karena terkadang harus antri untuk mengambil foto. Jika Gen XYZ Sukabumi berminat mengunjunginya, datang saja ke Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi.

[5] Kampung Ciptagelar

Wisata Hits Kampung Ciptagelar Sukabumi Jawa Barat
Photo by @yogaagus257

Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar atau lebih dikenal dengan Kampung Ciptagelar merupakan kampung adat yang ada di Sukabumi. Kampung ini memiliki bentuk rumah khas dan berbagai tradisi yang masih dipertahankan oleh masyarakatnya setempat hingga saat ini.

Di kampung adat ini, kamu bisa merasakan kehidupan di pedesaan dengan menginap di rumah warga, dengan tarif seikhlasnya.

Gimana, Gaess? Jika penasaran, silakan datang ke Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Beuhhh, keren-keren ya, Gengs. Kuy ah kita kunjungi bareng gebetan.

[dari berbagai sumber]

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *