Seleksi CPNS 2019 mulai 11 November, kokab Sukabumi buka 314 lowongan tuh Gaess


Egi GP

Writed by: Egi GP
Editor by: Feryawi
29 Okt 2019 | 20:47 WIB


Pendaftaran online melalui sscasn.bkn.go.id, pantau terus ya Gaess! Jangan sampai kelewatan!

Bagi kalian warga Sukabumi (kota dan kabupaten/kokab) yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS), lima info yang dirangkum Sukabumixyz.com ini harus kalian simak.

[1] Pembukaan lowongan CPNS 2019

Pada Senin (28 Oktober), pemerintah secara resmi telah mengumumkan rencana seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Provinsi Jawa Barat. Dalam keterangan tertulis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi disebutkan, kuota untuk wilayah di Provinsi Jawa Barat sekitar 1.934 formasi.

Penerimaan CPNS 2019 sendiri dibuka di 68 Kementerian/Lembaga dan 462 Pemerintahan/Kabupaten/Kota. Untuk Kabupaten Sukabumi dibutuhkan sebanyak 200 tambahan CPNS. Sementara untuk Kota Sukabumi dibutuhkan 114 tambahan CPNS. Maka, total untuk kokab Sukabumi bakal menerima 314 CPNS.

[2] Pendaftaran mulai 11 November 2019

Pendaftaran sendiri direncanakan akan dimulai pada 11 November 2019 melalui sistem online di SSCASN BKN (www.sscasn.bkn.go.id). Pada tahun 2019 ini, Pemerintah akan membuka 152.286 formasi dengan rincian, Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.

editor’s picks:

Bos garmen Korea galau UMK tinggi, 5 fakta ini buruh Sukabumi tahu gak?

9 PT hengkang dan 5.000 buruh di-PHK, 5 fakta investasi di Kabupaten Sukabumi kocar-kacir

Tahun depan UMK Sukabumi Rp3 juta lebih, ini 5 info gen XYZ mesti tahu

[3] Syarat pendaftaran

Ini harus diperhatikan, syarat dari pendaftarannya salah satunya pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan. Selain itu, seleksi kompetensi dasarnya akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang sesuai rencana akan digelar pada Februari 2020.

[4] Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 

FYI, selain tes CPNS, ada juga Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang bisa jadi peluang. SKB akan dimulai pada Maret 2020. Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi. Silakan dikunjungi dan dipelajari ya, Gaess!

[5] Hati-hati penipuan

Ingat ya, Gaess! Kalian harus waspada dengan penipuan. “Kami mengingatkan agar para calon pelamar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan berkaitan dengan proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2019. Perlu kami informasikan bahwa tidak ada satu orang atau pihak mana pun yang dapat membantu kelulusan,” demikian informasi tertulis yang disampaikan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo.

[dari berbagai sumber]

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *