Diperkuat srikandi asal Sukabumi, Persib puncaki klasemen Liga 1 Putri


Bagea Awi Dan Heni

Writed by: Bagea Awi Dan Heni
Editor by: Feryawi
09 Nov 2019 | 3:55 WIB


Gadis-gadis belia Sukabumi menjadi pahlawan di lapangan hijau. Jika di Liga 1 Putra ada Sani Rizki Fauzi, di Liga 1 Putri juga ada pemain asal Sukabumi, Gengs!

Satu lagi pemain sepak bola asal Kabupaten Sukabumi, di kancah sepak bola nasional. Sebelumnya seorang anggota Polri, Sani Rizki Fauzi yang membawa Timnas U-22 menjuarai piala AFF U-22 2019 di Kamboja.
Bahkan dalam laga final melawan Thailand, pemuda asal Cicurug yang kini memperkuat tim Liga 1 Putra, Bhayangkara FC, itu menyumbangkan satu gol.

Nah Gengs, setelah pada #Part1Keren Coeg, siswi SMPN 1 Cibadak ini jadi pemain Timnas Sepak Bola Wanita kemudian #Part2Inspirasi Leli, dari Cibadak masuk skuad Timnas Sepak Bola dan ingin obati mata ayah dan #Part3 Rahma sukses harumkan Sukabumi di Thailand, cek kuy 5 info inspiratifnya, kini sukabumiXYZ.com menampilkan profil
Inka Susilawati.

Nah, Gengs, di Liga 1 Putri, juga diperkuat srikandi asal Sukabumi, Inka Susilawati. Biar gak penasaran, simak kuy lima faktanya.

[1] Siapa sih Inka?

Inka adalah atlet Ladies Football Club (LFC), warga Kampung Ciawitali RT 05/ 03, Desa Damaraja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Inka merupakan anak pertama dari dua bersaudara pasangan Jaka Ria dan Cicih. Kecintaannya pada sepak bola sudah mulai ia rasakan sejak SD. Sehingga, ia sering bermain sepak bola saat pulang sekolah. Bahkan saat kelas 3 SMP, ia mulai ikut bergabung ke klub LFC.

Pada awalnya, sejak 2014, Inka terjun di olah raga futsal. Hanya sesekali ia mengikuti sepak bola. November 2018, ia bersama tim Kabupaten Sukabumi berhasil menjuarai sepak bola daerah di Majalengka, dan meraih Juara 3.

[2] Meraih MVP di Thailand

Inka pernah mengharumkan nama Sukabumi di kancah internasional dalam kejuaraan sepakbola AIA Championship se Asia di Bangkok, Thailand. Ia berangkat dari Sukabumi menuju Negeri Gajah Putih itu pada Jumat (1/3/ 2019) lalu bersama rekannya, Rahmah Fauzi asal Kecamatan Sukalarang dan berhasil mendapatkan penghargaan Most Value Player (MVP) pemain terbaik.

“Seneng banget, saya gak nyangka bisa dapat MVP di laga ini, soalnya banyak atlet-atlet lain yang mungkin jauh lebih baik dari saya. Namun tidak mau kalah sama mereka, saya juga bisa menampilkan yang terbaik buat tim ini,” ujar Inka dikutip dari sukabumiupdate.com, Sabtu (9/3/2019).

Inka mempersembahkan penghargaan MVP tersebut kepada kedua orang tuanya dan kepada yang telah membantunya hingga bisa meraih predikat pemain terbaik di AIA Championship se Asia di Bangkok, Thailand. “Saya bisa sepeti ini berkat dukungan dan doa dari semuanya, tim, juga pelatih tentunya. Saya persembahkan ini untuk tim dan orangtua saya yang telah mendukung saya,” pungkasnya.

editor’s picks:

5 fakta wonder kid Sukabumi, naik pangkat, rumah kontrakan hingga utang ke Pegadaian

Berapa harganya di bursa transfer? Ini 5 catatan wonder kid dari Cicurug Sukabumi ke Timnas

Keren Coeg, siswa SMP dari Kalapanunggal Sukabumi ikuti turnamen sepakbola di Malaysia

[3] Gabung Persib Putri

Image result for Inka Susilawati persib

Inka Susilawati yang baru berusia 20 tahun ini akhirnya direkrut Persib yang berlaga di Liga 1 Putri. Kini, gadis manis ini semakin serius menggeluti dunia sepak bola yang sudah digelutinya sejak kecil. “Yang pasti persiapan latihannya ekstra, tidak mudah masuk tim Persib ini. Karena secara kualitas, Persib itu tim yang besar, banyak sekali orang yang ingin masuk Persib. Jadi, ya dari segi teknik dalam sepak bola harus ada,” ucap Inka, Minggu (13/10/2019).

Inka mengaku lolos seleksi skuat Persib setelah lolos tiga tahap seleksi. “Tahap 1 sekitar 200 orang lebih yang ikut. Tahap dua dan tiga mulai berkurang karena ada pencoretan. Karena kan awlnya itu seleksi untuk pra PON, jadi yang ikut hanya sekitaran Jawa Barat. Tapi ternyata seleksinya jadi untuk Liga 1, sehingga ada juga yang dari Batang, Belitung dan Wonogiri. Alhamdulilah saya bisa melewati semua tahapan itu. Seleksinya di Lodaya Bandung dua bulan yang lalu.”

[4] Kalahkan Persija Putri, Inka cetak satu gol

Inka dan Een Sumbangkan Gol Kemenangan Persib Putri Tumbangkan Persija Putri

Persib Putri menang dari Persija dan untuk sementara, Maung Geulis memimpin klasemen Grup A. Persib Bandung Putri berhasil menumbangkan Persija Jakarta dengan skor tipis 2-1. Gol dicetak Inka pada menit 19, dan Putri Een Sumarni menit 79, dan hanya mampu dibalas oleh Carla Bio Patinasarani (menit 75), dalam pertandingan Liga 1 2019 Putri yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (7/11/2019).

[5] Maung Geulis puncaki Klasemen Liga 1 Putri

Berkat kemenangan tersebut, Persib Bandung naik ke puncak klasemen Grup A Liga 1 Putri, mengemas 23 poin dari 10 laga. Sedangkan Persija tertahan di posisi 3 dengan 17 poin dan sudah melakoni 1 laga lebih banyak, yakni 11 laga.

[dari berbagai sumber]

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *