Gak kuat beli, gen Y Sukabumi bisa pilih 5 smartphone mirip iPhone X ini


Egi GP

Writed by: Egi GP
Editor by: Feryawi
09 Jul 2018 | 21:02 WIB


Diluncurkan tahun lalu, iPhone X jadi trendsetter.

Namanya juga produk Apple ya, Gaess, pasti jadi trendsetter dan bikin heboh. Teranyar iPhone X yang bikin penggila gadget tergoda. Serta merta iPhone X pun laris manis di pasaran. Seorang analis teknologi dari Rosenblatt China Technology, Jun Zhang, menyebut bahwa Apple telah menjual 15 juta iPhone X unit di seluruh dunia dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Wow!

Padahal harga iPhone X itu cukup fantastis Gaess, di pasaran Indonesia dibanderol sekitar Rp.18 juta. Gak semua kalian pasti bisa beli gadget supermahal ini ya, Gaess, Terus gimana donk? Jangan khawatir, tak menunggu lama produk-produk smartphone mirip iPhone X dengan harga lebih terjangkau langsung banjir di pasaran. Nah, gak kebeli iPhone X, yang mirip-mirip aja lumayan lah, Gaess.

Ini dia lima smartphone mirip iPhone X yang bisa kamu pertimbangkan, Gaess!

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi 9 Juli Hari Satelit Palapa yang sudah 11 kali diluncurkan, ini 5 faktanya

1. Asus ZenFone 5

Hape Asus terbaru ini sempat membuat heboh pada peluncuran perdananya di ajang Mobile World Congress 2018 beberapa waktu lalu. Salah satunya karena desain yang seperti menjiplak iPhone X. ZenFone 5 memiliki layar berdiagonal 6,2 inci (2.260 x 1.080 piksel, aspect ratio 19:9) dan bertampilan mirip dengan “poni” (notch) berupa takik yang menjorok ke bagian dalam layar di sisi atas.

Seri ZenFone 5 ini adalah ‘powerhouse’ yang turut dibekali teknogi AI (kecerdasan buatan) untuk mempermudah kalian dalam berbagai hal. Teknologi kecerdasan buatan yang diterapkan di ZenFone 5, antara lain AI Camera untuk mempercantik jepretan kamera, AI Charging untuk melakukan pengisian baterai cepat, dan AI Boost untuk meningkatkan performa secara instan.

ZenFone 5 juga dibekali fitur andalan berupa kamera ganda di bagian punggung. Salah satu kamera memiliki resolusi 12 megapiksel (f/1.8) dengan sudut pandang wide standar. Kamera kedua beresolusi 8 megapiksel dengan sudut pandang ultra wide yang lebih lebar dibandingkan lensa standar. Sementara, kamera depan ZenFone 5 datang dengan 8 megapiksel pula.

Terus harganya berapa? Zenfone 5 dipasarkan dengan harga ‘cuma’ Rp 7,5 juta untuk versi RAM 8GB/storage 256 GB dan Rp 6,5 juta untuk versi RAM 6GB/ storage 128 GB.

BACA JUGA: Gen Y Sukabumi, cek kuy penampakan 5 handphone pertama merek terkenal

2. OPPO R15

Oppo R15 resmi diperkenalkan di Cina pada Maret 2018. Smartphone berlayar “poni” ini dikemas dengan cangkang kaca, mengusung kamera ganda, tersemat sensor sidik jari, dan menggunakan ColorOS based on Android Oreo 8.1. R15 mengusung layar 6,28 inci beresolusi 2280 x 1080 piksel bertipe OLED. Kerapatan layar kedua perangkat juga sama yakni 401 piksel per inci.

Oppo R15 dan R15 DME juga memiliki desain serupa dengan frame metal berlapis kaca pada sisi bagian belakang. Kedua perangkat juga dibekali asisten “AI” baru yang mempelajari pola penggunaan serta Face Unlock berkecepatan 0,8 detik.

Oppo R15 mengadopsi chipset milik MediaTek yakni Helio P60 berkecepatan 2,0GHz octa-core dengan GPU Mali G72 MP3. Dapur pacu ini dipadukan dengan RAM/ROM 6/128GB yang bisa diperluas menggunakan microSD hingga 256GB.

Di sektor kamera, Oppo R15 dibekali kamera belakang ganda 16MP dengan sensor Sony IMX159 bukaan f/1.7 dan 5MP bukaan f/2.2. Sementara pada kamera depan, Oppo menanamkan lensa 20MP bukaan f/2.0 yang mampu menciptakan efek bokeh.

Harganya berapa? ‘Cuma’ Rp.7,4 juta.

BACA JUGA: Ini 5 gadget teraneh tahun 2018 yang mesti gen Y Sukabumi tahu

3. LG G7

Desain LG G7 juga mengekor desain iPhone X dengan ” notch” atau takik yang menjorok di sisi atas layar, sebagai rumah kamera depan, earpiece dan beberapa sensor lainnya. Layarnya mengusung panel OLED. LG G7 disebut akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 845, dengan dukungan baterai 3.000 mAh yang mendukung teknologi fast charging.

LG menelurkan dua varian LG G7, yakni LG G7 edisi reguler yang akan memiliki kapasitas RAM 6 GB dengan storage 64 GB, serta LG G7 Plus dengan penyimpanan internal yang lebih besar, yakni hingga 128 GB. Bagian punggung akan tersemat kamera ganda yang tersusun vertikal dengan resolusi 16 megapiksel.

Teknologi kecerdasan buatan atau AI (artificial intellgence) yang sebelumnya ada di LG V30s, juga dikabarkan akan disematkan di LG G7. Bagaimana soal harga? ‘Cuma’ Rp.11 jutaan.

BACA JUGA: 5 fakta keren generasi millenial Amrik, bagaimana Gen Y Sukabumi?

4. Huawei P20 Lite

Smartphone ini merupakan handset alternatif dengan harga terjangkau milik Huawei untuk iPhone X. Huawei P20 Lite memiliki layar LCD 5,9 inci dengan resolusi 1.080 x 2.280 piksel dan kerapatan piksel 423ppi, terlepas dari potongan layar paling atasnya. Keberadaan takik ini memungkinkan Huawei untuk menjaga dimensi P20 Lite sangat luas, kompak pada ukuran 5,85 x 2,80 x 0,29 inci (148,6 x 71,2 x 7,4 mm), dan bobotnya hanya 145 gr.

Di bagian kamera depannya, Huawei memberikan bekal sensor 16 MP yang memungkinkan menerapkan fitur Face Unlock. Perusahaan China itu mengklaim bahwa algoritma deteksi wajahnya merupakan algoritma yang dapat diandalkan keamanannya.

Huawei juga menawarkan Studio Light Effects, mirip dengan fitur Apple yang masih dalam versi beta. Bahkan membuat referensi pada potret tingkat studio dalam video penggoda di bawah ini. Soal harga, “cuma” Rp.6 jutaan.

BACA JUGA: Gaess, ini 5 fakta tentang hidup, perspektif gen Y Sukabumi bisa berubah

5. Vivo V9

V9 jadi penerus dari seri sebelumnya yakni V7. Desain smartphone poni atau notch layaknya iPhone X dijiplak habis oleh Vivo V9. Gak hanya tampilan depan, tampilan belakang smartphone seri ini pun mengusung kamera ganda dengan posisi vertikal layaknya iPhone X. Ada juga pemindai sidik jari (fingerprint) yang tampak di bodi smartphone. Gak hanya itu, kamera untuk selfie dikabarkan memiliki resolusi sebesar 24MP.

Bodi Vivo V9 memiliki tombol power dan volume di sisi kanan. Sedangkan di sisi kiri terdapat triple slot yang berisi 2 nano SIM card dan 1 microSD. Di bodi bagian bawah terdapat port charging jenis micro USB, lubang audio 3,5 mm, speaker, dan mikrofon.

Vivo V9 mengusung layar luas berukuran 6,3 inci. Vivo menyebutnya dengan istilah FullView Display. Layar ini memiliki ketajaman resolusi FHD+ (2280 x 1080 pixels), dan aspect ratio 19:9 serta ukuran Screen-to-Body Ratio mencapai 90%. Soal harga? Ini yang menarik Gaess, Cuma Rp.4 jutaan.

Nah, buat kalian yang budgetnya minim tapi pengen punya smartphone mirip iPhone X, silakan aja pilih yang mana. (dari berbagai sumber)

  • 2
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *