Gen Y Sukabumi perhatikan 5 hal ini agar kuliahmu tak jadi penyesalan


Bagea Awi Dan Heni

Writed by: Bagea Awi Dan Heni
Editor by: Feryawi
26 Jul 2018 | 0:51 WIB


Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari ya, Gaess.

“Orang tua sebaiknya menjelaskan dengan bijak alasan kuliah dan tempat kuliah yang pantas untuk anak-anaknya. Memilih jurusan kuliah untuk anak itu enggak boleh coba-coba,” ujar Rektor Universitas Nusa Putra Dr. Ir. H. Kurniawan, M.Si, MM., kepada sukabumiXYZ.com, Rabu (25/7/2018).

Menurut Kurniawan, ada banyak hal yang dipertaruhkan orang tua, selain materi, yang paling fatal tentu saja tentu masa depan anak. Akibatnya, anak akan kehilangan semangat kuliah.

Nah, biar gen Y Sukabumi tidak menyesal di kemudian hari, ada baiknya diskusikan lima hal di bawah ini dengan orang tua sebelum memutuskan kuliah.

BACA JUGA: Keren Gengs, 16 remaja Sukabumi berangkat ke Taiwan dan Jepang, ini 5 di antaranya

1. Tentukan kecenderungan atau passion kamu

Alasan utama saat seorang anak keliru memilih jurusan kuliah adalah terlalu mengikuti keinginan orang tua. Makanya, penting bagi gen Y Sukabumi menjelaskan kecenderungan memilih jurusan kuliah sesuai hobi kepada orangtua.

Misalnya, jika kamu gemar ngetrek, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih Program Studi (Prodi) Teknik Mesin. “Prodi ini juga cukup menjanjikan di masa depan, Universitas Nusa Putra pada awal Bulan Juli lalu mengirim mahasiswa magang dari Prodi Teknik Mesin dan Elektro ke Taiwan dan Jepang karena kebutuhan di sana terhadap mahasiswa dua prodi tersebut cukup tinggi,” kata Kurniawan lebih jauh.

BACA JUGA: Gaess, ini lho 5 mahasiswi hijaber cantik Sukabumi

2. Prospek kerja menjanjikan di masa depan

Tidak bisa dipungkiri kalau prospek di masa depan menjadi faktor utama buat kita kenapa memilih satu program studi. Kamu hanya perlu memastikan prospek tersebut juga baik untuk jangka waktu yang lama. Hanya saja, jika memang kamu tidak terlalu menyukainya, gak perlu memaksakan diri mengambil jurusan tersebut.

3. Jangan terpaksa

Kalau kamu masih galau dalam memilih jurusan kuliah atau berbeda pendapat dengan orang tua, Kurniawan menyarankan agar kamu mencoba untuk mencari tahu dari sumber lain. “Cari sumber informasi lain sebagai referensi misalnya dari teman yang telah kuliah, kemudian kembali diskusikan dengan orang tua.”

Ia juga menambahkan, jika Universitas Nusa Putra yang berkampus di Jl. Raya Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, itu tersedia pilihan prodi dengan prospek masa depan yang bagus, seperti Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Teknik Mesin, Desain Komunikasi Visual, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Hukum, PGSD, Teknik Mesin, dan Teknik Elektronika.

BACA JUGA: Ini dia 5 mahasiswi cantik Sukabumi, tatapannya jadi bikin kepingin ngajak ke penghulu

4. Jangan ikut-ikut teman

Jangan sampai karena gak mau berpisah dengan teman-teman SMA kamu, membuat kamu jadi ikut-ikutan memilih tempat kuliah yang sama dengan mereka ya, Gaess.

Sah-sah saja sih, tetapi coba pikirkan dengan matang, apakah kamu memiliki tujuan hidup yang sama dengan teman SMA-mu?

BACA JUGA: 5 “mustahil” Universitas Nusa Putra menjadi nyata

5. Kuliah bukan ajang gengsi-gengsian

Kuliah bukan ajang gengsi-gengsian, Gaess. Penting memerhatikan kualitas perguruan tinggi yang akan kamu jadikan tempat menimba ilmu untuk bekal masa depan.

Percaya deh, keren dan asal punya gelar saja tidaklah cukup. Pertimbangkan juga pengorbanan orang tua kamu, mereka tentu berharap kamu akan mendapat masa depan yang baik, sukses dan menjadi kebanggan buat mereka.

  • 15
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *