5 fakta masjid aquarium Kota Sukabumi, keren Gaess!

Dibangun dengan total biaya Rp400 juta.

Sebuah masjid belakangan begitu populer di Kota Sukabumi hingga luar daerah karena memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi warga untuk berkunjung.

Jika biasanya kolam hias kaca umumnya dijadikan hiasan rumah, namun berbeda dengan belasan aquarium di dijadikan pagar masjid. Ya, Gaess, masjid tersebut dibangun dengan konstruksi unik, yakni pagarnya berbentuk aquarium berisi ikan hias cantik.

Nah, Gaess, berikut lima faktanya.

1. Nama masjid

Nama masjid yang populer disebut masjid aquarium ini adalah Masjid At Taqwa.

2. Lokasi masjid aquarium

Lokasi Masjid At Taqwa berada di kompleks Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kota Sukabumi. BBPBAT merupakan lembaga yang berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan.

BACA JUGA:

Keren Gengs, ini 5 fenomena alam yang menjadi tempat wisata di Sukabumi

Cek kuy foto IG jembatan gantung terpanjang sedunia, nomor 5 kebanggaan Sukabumi lho

3. Daya tarik

Masjid At Taqwa memiliki keunikan karena pagarnya merupakan aquarium, jumlah aquarium yang mengelilingi masjid tersebut sebanyak 15 unit. Sehingga selain beribadah, warga juga bisa melihat ikan di dalam akuarium yang berada di pagar halaman masjid.

Ukuran aquarium sengaja dibuat berukuran kecil agar tidak mudah kotor dan berlumut. Pengoperasian aquarium dijalankan dengan mesin pompa kecil untuk sirkulasi ikan dan menggunakan magnet. Pagar aquarium ini kian terlihat cantik dan indah jika dipandang pada waktu malam hari.

Selain pagar aquarium, Masjid At Taqwa juga memiliki kelebihan lain yakni, sarana toilet dan wudhu untuk wanita dibangun dengan konsep mewah seperti di hotel. Sementara di dalam masjid terdapat lampu hias yang mewah dan menarik.

BACA JUGA:

Ini 5 Sukabumi unik, Gengs

66,4% gen millenial Muslim jarang ke masjid, nomor 5 keren! Bagaimana di Sukabumi?

4. Ikan bisa dibeli oleh jamaah

Di dalam aquarium terdapat beragam jenis ikan hias seperti Memphis, Koki, Platy, Guppy, Sapu dan ikan lainnya. Uniknya, ikan yang berada di dalam aquarium tersebut juga bisa dibeli langsung oleh jamaah yang tertarik memelihara ikan hias.

5. Dibangun dengan biaya Rp400 juta

Pagar masjid berbentuk aquarium ini selesai dibangun pada Januari 2018. Keberadaan pagar aquarium bersamaan dengan waktu renovasi bangunan masjid yang dilakukan pada 2017. Total biaya pembangunan masjid sendiri menelan Rp400 juta.

Masjid At Taqwa sendiri dibangun pada 1992 dan diresmikan pada 5 Maret 1993. Seiring dengan perjalanan, masjid ini dilakukan renovasi dan terakhir selesai dilakukan pada awal 2018 lalu.

Pemasangan aquarium di pagar masjid bertujuan untuk mempercantik bagian eksterior. Terlebih, BBPBAT merupakan balai yang bergerak di bidang perikanan sehingga sangat berkaitan. (dari berbagai sumber)

  • 25
    Shares
Irman Sufi Firmansyah

Irman Sufi Firmansyah

Irman Sufi Firmansyah lahir di Sukabumi, 21 juni 1977. Ia menamatkan S1 Hubungan Internasional di Universitas Negeri Jember (2001(, dan S2 Manajemen Universitas Bhayangkara, Kakarta. Kini Irman bekerja sebagai Manajer HRD, Security, dan HSE di bidang oil n gas service. Irman juga menjadi Ketua Yayasan Kipahare., dan pengurus Soekaboemi Heritages.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *