Rp51 Triliun per tahun, ARMY Sukabumi sudah tahu 5 fakta keren BTS tahun 2018?

Satu dari 13 wisatawan datang ke Korea Selatan karena BTS.

Wajar ya, Gengs, kalau ARMY (penggemar BTS) begitu kagum mati sama boygroup asal Korea Selatan, Bangtan Boys atau BTS. Selain personilnya yang ehemm dan gerakan tari yang detail, BTS telah menjadi salah satu ekspor musik Korea yang paling terkenal dan paling berharga.

Awal tahun ini, BTS menjadi band K-pop pertama yang menduduki puncak tangga album di AS, pertanda meningkatnya daya tarik global terhadap genre tersebut. Sebuah prestasi yang layak ARMY Sukabumi banggakan.

Daya tarik itu telah membantu meningkatkan brand image Korea Selatan di luar negeri dan menjadikan BTS sebagai aset ekonomi yang berharga.

Nah, buat ARMY Sukabumi tambah pede mengidolakan mereka, berikut adalah lima fakta BTS tahun 2018.

1. BTS hasilkan Rp51 Triliun per tahun

Lebih dari 1 miliar dolar AS atau Rp14,5 triliun dalam ekspor konsumen, seperti pakaian, kosmetik, dan bahan makanan, dikaitkan dengan BTS. Jika BTS mempertahankan popularitas mereka, boygroup bentukan Big Hit Entertainment ini bisa menghasilkan nilai ekonomi 41,8 triliun won atau Rp538 triliun dalam 10 tahun.

Lembaga riset lokal Korea Selatan yang dirilis Selasa (18/12/2018), boygroup BTS menghasilkan lebih dari 3,54 miliar dolar AS atau setara Rp51 triliun untuk perekonomian Negeri Ginseng setiap tahun. Sementara Hyundai Research Institute (HRI) memperkirakan efek produksi tahunan BTS mencapai 3,63 miliar dolar AS (Rp52,6 triliun) per tahun, dan satu dari 13 wisatawan selama 2017, datang ke Korea Selatan karena BTS.

2. 20 Album pop terbaik 2018

BTS menjadi satu-satunya artis Korea Selatan yang masuk ke dalam daftar 20 Album Pop Terbaik 2018. Boygroup ini menempati peringkat 13 versi majalah Rolling Stone, lewat album Love Yourself: Tear. Rolling Stone bahkan melabeli album ini sebagai Appetite for Destruction dari K-pop.

Majalah ini memuji para member BTS yang mempertahankan budaya dan bahasa mereka sambil secara positif mempengaruhi musik global. Selain album, lagu Fake Love milik BTS masuk daftar 50 Lagu Terbaik 2018 di posisi ke-38.

BACA JUGA:

Kadung populer, warga Sukabumi keliru bicara 5 bahasa Korea termasuk Samsung

Gen Y Sukabumi, ini lho 5 thriller drakor dengan rating tertinggi 2018

5 fakta Lisa BLACKPINK, Blink Sukabumi wajib tahu

3. BTS bikin TWICE dan Wanna One menangis

BTS juga menerima penghargaan untuk Love Yourself: Tear sebagai Album of the Year, dan Artis of the Year di Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018.

MAMA 2018 ditutup dengan pidato menyentuh dari BTS saat mereka mendapat dua penghargaan utama atau Daesang yang dilangsungkan di Asia World-Expo, Hong Kong, Jumat (14/12/2018) waktu setempat.

Setelah menerima piala Artist of the Year, satu per satu member BTS menyampaikan pidato kemenangan yang mengharukan. Dari RM, Jungkook, J-Hope, Jimin, V, hingga Suga mengucapkan rasa syukur dan terima kasih mereka dengan mata berkaca-kaca.

Saat Jin menyampaikan pidatonya. “ARMY, saya ingat awal tahun ini, kami mengalami kesulitan secara mental. Jadi kami berdiskusi dan khawatir apakah kami harus bubar atau tidak. Tetapi saya sangat lega bahwa kami menemukan tekad kami lagi dan sekarang kami dapat memperoleh hasil yang luar biasa ini,” sambil menahan tangis.

Saat Jin mengucapkan kata “bubar”, V yang berada di sampingnya tak kuasa menahan tangis. Dia bahkan menunduk dan menutupi wajahnya dengan tangan beberapa saat. Melihat V yang tak bisa berhenti menangis, Jungkook berusaha menenangkan V dengan memeluknya.

Tak hanya para member BTS, idola K-pop lain yang menghadiri MAMA 2018 itu juga ikut terharu. Dari video yang diambil sejumlah penonton, terlihat Nayeon “TWICE” menangis mendengar pidato BTS. Ia berkali-kali menyeka air matanya.

Para member Wanna One, termasuk Kang Daniel dan Park Jihoon, juga tak bisa menahan haru mereka. Tampak Kang Daniel dkk mengusap air mata mereka selama pidato kemenangan BTS.

4. Ungguli pemimpin dunia, BTS menangi polling person of the year

Bangtan Boys berhasil memenangi polling pembaca online untuk pemilihan Person of the Year 2018 dari majalah TIME. BTS mengalahkan beberapa pemimpin dunia hingga politikus yang menjadi pesaing mereka dalam polling tersebut.

Polling suara tersebut berakhir pada Kamis 6 Desember waktu setempat. Hasilnya, BTS berada di posisi pertama dengan total perolehan suara sebanyak 9 persen. Planet Earth berada di tempat kedua dan hampir menyamai BTS dengan selisih 8,88 persen.

Peringkat ketiga, penyelam gua Thailand, diikuti Presiden Korea Selatan Moon Jae In di posisi keempat. Tokoh penting lainnya yang menerima suara pada jajak pendapat tersebut, yakni mantan First Lady AS, Michelle Obama, dan Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman.

BTS juga mencetak prestasi lain setelah masuk daftar 2018 Bloomberg 50. Dalam daftar yang dirilis, Kamis (6/12/2018) waktu AS itu, BTS menjadi artis K-pop pertama dan satu-satunya yang masuk daftar “The People Who Define Global Business in 2018” itu.

Daftar Bloomberg 50 berisi sosok dari berbagai bidang yang dianggap berprestasi sepanjang tahun. Bidang-bidang itu meliputi bisnis, hiburan, finansial, politik, teknologi, dan sains.

Dari dunia musik, hanya BTS dan Taylor Swift yang masuk daftar tersebut. Sementara itu dari film, tercatat nama sutradara Black Panther, Ryan Coogler dan aktris sekaligus produser Reese Witherspoon. Daftar 2018 Bloomberg 50 juga memasukkan pebisnis Indonesia, yakni CEO PT Go-Jek Indonesia Nadim Makarim.

5. Film dokumenter kedua BTS tayang Januari 2019

Setelah kesuksesan Burn the Stage: The Movie, boygroup BTS akan kembali ke layar lebar tahun depan. Film dokumenter konser mereka yang kedua, BTS World Tour: Love Yourself in Seoul akan tayang pada 26 Januari 2019.

Para ARMY di Indonesia tak akan ketinggalan momen. Film Love Yourself in Seoul juga akan menyambangi Indonesia pada hari yang sama.

Film BTS sebelumnya, Burn the Stage: The Movie mencetak rekor di Korea untuk jumlah penonton film dokumenter musik terbanyak, lebih dari 300.000 tiket terjual. Selain itu, film ini juga membuat rekor di box office AS sebagai film produksi musikal terlaris sepanjang masa, menghasilkan 3,54 juta dolar AS atau Rp 51,6 miliar dalam empat hari setelah peluncurannya. (dari berbagai sumber)

  • 7
    Shares
Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *