Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 dibuka hari ini, ini 5 ketentuan gen XY Sukabumi mesti ngeh

Tes SBMPTN bakal berbasis komputer dan ada soal HOTS-nya.

FYI ya Gaess, ada beberapa cara masuk PTN, salah satunya ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias SBMPTN. Nah, bagi orang tua Sukabumi dan milenial yang lulus sekolah menengah atas tahun ini dan dua tahun ke belakang, serta ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN), informasi ini sangat penting.

Mengutip laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), berikut lima informasi perihal SBMPTN yang harus menjadi perhatian!

1. Pendaftaran SBMPTN gelombang pertama dibuka hari ini

Perhatikan ini Gaess, mulai tahun 2019 ini, persyaratan mendaftar SBMPTN 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK). Dan tahun ini pendaftaran UTBK untuk GELOMBANG PERTAMA akan dimulai pada hari ini, 1 Maret 2019 tepat Pukul 10.00 WIB dan akan ditutup 24 Maret 2019.

Sementara itu, waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama tanggal 13 April – 4 Mei 2019.

2. Pendaftaran SBMPTN gelombang kedua

Tahun ini, UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT dapat dilakukan lebih dari 1 (satu) kali. Peserta mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan tes. Oleh karena itu, ada dua kali gelombang tes UTBK.

Hari ini gelombang pertama dibuka sampai tanggal 24 Maret. Setelah itu, gelombang kedua pendaftaran UTBK akan dibuka pada tanggal 25 Maret 2019 sampai dengan 1 April 2019. Untuk waktu pelaksanaan Tes peserta pendaftar gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019. Ingat-ingat ya, Gaess.

3. UTBK bisa diikuti siswa lulusan 2017-2019

Lulusan SMA/MA/SMK 2017 dan 2018 tidak usah berkecil hati. UTBK kali ini dapat diikuti siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah atas (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun yang sama.

BACA JUGA:

Pendaftaran SNMPTN 2019 dibuka, siswa SMA/MA/SMK Sukabumi jangan sampai telat nih

Buat milenial Sukabumi siswa SMA kelas 3, ini 5 aturan main baru SBMPTN 2019

Cegah aksi vandalisme, pelajar SMP Necis Sukabumi bikin karya mural keren

4. Soal-soal UTBK

Seperti dijelaskan di laman LTMPT, UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi. Perhatikan beberapa ketentuan sebagai berikut:

– UTBK kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali, atau kelompok Saintek dua kali, atau Kelompok Soshum dua kali.

– Peserta yang ingin mengikuti tes satu kali dapat mendaftar pada gelombang pertama atau gelombang kedua. Untuk peserta yang ingin mengikuti tes dua kali harus mendaftar di gelombang pertama dan gelombang kedua.

– Membayar biaya UTBK: Biaya yang ditanggung peserta sebesar Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah) setiap mengikuti tes. Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui bank yang telah ditunjuk. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

5. Ada soal HOTS-nya

UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sedangkan TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills ( HOTS).

Good luck to you yang mau ikut SBMPTN ya, Gaess! (dari berbagai sumber)

  • 26
    Shares
Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *