Ini 5 destinasi road trip terbaik di Indonesia, salah satunya Sukabumi lho Gengs!

Akses jalan yang baik, indahnya pemandangan, budaya yang unik, dan penduduk yang ramah jadi kriterianya.

Kalian para pemilik kendaraan, motor atau mobil, dan suka traveling tentunya familiar dengan road trip/perjalanan via darat. Road trip biasanya dipilih karena selain fleksibel, juga dapat meresapi pemadangan indah di sepanjang jalan dan juga budaya (termasuk kuliner) lokal yang khas dan unik.        

Kabar gembiranya, Indonesia kaya dengan destinasi wisata yang cocok untuk road trip. Banyak destinasi wisata di Indonesia yang memiliki akses jalan yang baik, pemandangan indah, budaya yang unik, dan penduduk yang ramah. Kriteria-kriteria itu cocok untuk menjadi destinasi road trip. Tak mengherankan jika kemudian di Indonesia banyak komunitas touring di mana-mana, tak terkecuali di Sukabumi ya, Gaess.

Nah, destinasi mana saja yang dianggap menarik untuk road trip? Well, media kenamaan Indonesia, KompasTravel, merekomendasikan lima destinasi berikut yang cocok untuk untuk road trip. Salah satunya Sukabumi lho, Gaess!

1. Sukabumi, Jawa Barat

Redaksi Kompas menempatkan Sukabumi sebagai destinasi road trip nomor satu karena selain memenuhi kriteria-kriteria di atas, juga karena paling dekat dari Jakarta. Soal akses, dari catatan Kompas, akses ke Sukabumi sejak 2018 sudah semakin mudah dengan adanya Tol Bocimi.

Keberadaan tol tentunya sangat mendukung Sukabumi sebagai kabupaten yang punya objek wisata yang komplet (gunung, sungai, pantai, dan air terjun). Geopark Ciletuh direkomendasikan menjadi pilihan utama jika hendak road trip ke Sukabumi.

Total ada 32 titik wisata di Sukabumi, dengan akses jalan beraspal mulus, pemandangan yang indah, dan pilihan akomodasi yang beragam.

2. Aceh

Aceh, menurut Kompas, merupakan salah satu destinasi wisata yang antimainstream yang layak dikunjungi. Provinsi satu ini menyimpan kekayaan alam yang luar biasa, ada Taman Nasional Gunung Leuser yang terkenal dengan orang utan, Pulau Weh (Sabang) yang terkenal dengan wisata bahari, Danau Takengon yang terkenal dengan keindahan danau air tawar dan daerah penghasil kopi.

Akses jalan di Aceh terbilang baik dan sepi pengendara, sehingga membuat perjalanan road trip semakin menyenangkan.

BACA JUGA:

5 obyek wisata alam di utara Kabupaten Sukabumi yang memesona

Gengs, 5 tempat wisata di Sukabumi ini gak populer tapi layak dikunjungi

Keren Gengs, ini 5 fenomena alam yang menjadi tempat wisata di Sukabumi

3. Pulau Flores, NTT

Nah, jika kalian punya waktu liburan yang lebih panjang, road trip dari Labuan Bajo sampai Larantuka di Flores, NTT bisa menjadi pilihan. Redaksi Kompas menjamin road trip itu akan menjadi perjalanan yang tak terlupakan. Daerah Flores secara umum terkenal memiliki budaya yang kaya, pemandangan indah, dan penduduk lokal yang sangat ramah.

Akses jalan juga mudah, dengan masih-masing kabupaten memiliki karakter yang berbeda. Sehingga membuat perjalanan tidak akan membosankan.

4. Pulau Sumba, NTT

Masih di NTT, pulau yang memiliki luas 11.000 kilometer persegi ini punya lansekap alam yang unik dan terbilang berbeda dengan daerah Indonesia lainnya. Kabar baiknya, akses jalan di Sumba sangat baik, beraspal mulus. Oleh karena itu cocok untuk dijadikan destinasi road trip.

Sumba juga punya destinasi wisata yang komplit mulai dari pantai, bukit, sabana, sampai wisata berbasis budaya.

5. Sulawesi Selatan

Nama terakhir yang menjadi rekomendasi KompasTravel adalkah Sulawesi SelatanAda banyak titik wisata di Sulawesi Selatan yang bisa dijadikan tujuan. Mayoritas wisatawan gemar road trip dari Makassar menuju Toraja.

Selain itu juga ada destinasi wisata terkenal lainnya seperti Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dan Tanjung Bira. Di Sulawesi Selatan, road trip bisa juga sekaligus wisata kuliner. Sebab salah satu provinsi di kawasan timur ini terkenal memiliki banyak makanan lezat dengan rasa yang kaya.

Well, sudah kebayang mau road trip kemana, Gaess? Sebagai orang Sukabumi, tentu kita senang telah menjadi salah satu destinasi road trip yang direkomendasikan oleh media sebesar Kompas ya!

Dari berbagai sumber

Egi GP

Egi GP

Lahir di Sukabumi, 14 Mei 1978. Mantan Jurnalis Harian Merdeka, dan kini bekerja di PT Yudhistira Ghalia Indonesia sebagai editor. Ayah dua anak ini menamatkan pendidikannya di SMP Mardi Yuana Cicurug, SMA Negeri 3 Bogor, dan kuliah Jurusan English Literature di Universitas Negeri Jember, Jawa Timur. Untuk menyalurkan hobinya menulis, Egi menjadi kontributor di sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *