Gaess, ini lho 5 jenis destinasi wisata alam terbaik di Sukabumi

Dari pantai hingga wisata bawah tanah.

Sukabumi memang sudah cukup dikenal sebagai destinasi wisata, karena salah satu daerah di Jawa Barat ini memiliki banyak tempat wisata bernuansa alam, mulai dari pantai hingga daerah pegunungan berhawa sejuk.

Nah, biar gen XYZ Sukabumi semakin bangga memilikinya, selain Sungai Citarik dan Citatih yang terkenal sebagai lokasi arung jeram, berikut lima jenis destinasi wisata alam Sukabumi, yang menarik untuk disambangi.

[1] Wisata pantai

Pantai Ujung Genteng; Pantai Ujung Genteng berpasir putih halus, dengan ombak yang cukup besar, namun cukup untuk berenang. Salah satu daya tarik dari pantai Ujung Genteng ini adalah keberadaan empat jenis penyu yang menjadi magnet bagi pelancong.

Pantai Cibangban; Pantai yang tak jauh dari Pelabuhan Ratu dan memiliki pemandangan indah, dengan bebatuan karang menghiasinya. Di sekitar pantai tersedia beberapa cottage yang menghadap langsung ke laut, dengan pemandangan pepohonan kelapa.

Pantai Cimaja; Pantai Cimaja menawarkan pemandangan indah dan ombak yang besar, dan menjadi favorit surfer. Pantai perawan dengan pesisir yang dipenuhi bebatuan kecil dan laut biru jernih ini dikatakan tak kalah indahnya dengan pantai-pantai Bali.

[2] Kampung adat

Kampung Ciptagelar; Sebuah kampung adat dengan bentuk rumah yang khas. Tempat wisata Sukabumi ini merupakan sebuah cagar budaya dengan suasana khas desa di pegunungan yang indah dan asri. Masyarakat kampung ini memegang teguh tradisi leluhur.

BACA JUGA:

5 obyek wisata tak kalah keren di sekitar Geopark Ciletuh Sukabumi

Keren Gengs, ini 5 fenomena alam yang menjadi tempat wisata di Sukabumi

[3] Geopark, kawah dan goa

Geopark Ciletuh; Pemandangan alam batu-batu purba dengan banyak air terjun sekaligus adalah sesuatu yang langka yang hanya bisa ditemukan di Geopark Ciletuh. Berada di kawasan geopark ini akan membuat Anda merasa seperti di zaman prasejarah.

Kawah Ratu; Penggemar trackking pasti sudah tak asing dengan Kawah Ratu, di lereng Gunung Salak. Ada tiga pilihan jalur menuju ke sana. Pertama, melalui Gunung Bunder via Pasir Rengit, panjang trek sekira 3.5 km, atau 2,5 jam perjalanan. Kedua, Gunung Bunder via Curug Seribu dengan panjang trek sekira 5 km atau empat jam perjalanan. Dan ketiga, yakni melalui Bumi Perkemahan Cidahu, Kabupaten Sukabumi dengan panjang trek 4,5 km. Untuk menuju ke sana, kamu bisa mencapainya dari Wana Wisata Cangkuang di wilayah Kecamatan Cidahu.

Goa Buniayu; Gua Buniayu dahulu bagian dasar laut yang terangkat ke permukaan, karena pergeseran lempeng bumi. Tak heran, Anda bisa melihat berbagai fosil koral laut di dalam gua ini. Sistem Gua Buniayu kabarnya yang terbaik di Asia Tenggara.

[4] Arung Jeram

Sungai Citarik; Sungai ini dianggap sebagai lokasi arung jeram paling seru di Pulau Jawa, selain Sungai Citatih dan Elo. Tingkat kesulitan arung jeram di Citarik berada di kelas III-IV. Pemandangan sungai yang indah dan udara sejuk menjadi bonusnya.

Sungai Citatih; Sungai Citatih punya karakter jeram yang berbeda dengan Sungai Citarik. Airnya lebih deras, sungainya lebih lebar, jalurnya lebih panjang, dan tantangannya lebih seru. Sungai ini cocok untuk anda yang ingin memacu adrenalin.

BACA JUGA:

Gengs, 5 tempat wisata di Sukabumi ini gak populer tapi layak dikunjungi

Bikin penasaran Gaess, ini 5 tempat wisata tersembunyi di Sukabumi

5 obyek wisata alam di utara Kabupaten Sukabumi yang memesona

[5] Situ atau gunung

Situ Gunung;Danau cantik yang dikelilingi hutan pinus ini terletak di kaki gunung Gede Pangrango. Selain udara yang sejuk, Situ Gunung juga menyajikan pemandangan alam mempesona. Anda bisa menginap di vila, atau berkemah jika ingin.

Gunung Halimun; Mutiara hijau di Sukabumi, kerindangan hutan dan keindahan alam di sana membuat kamu dijamin ketagihan menikmatinya. Gunung ini merupakan kawasan suaka alam berhias kabut dan hamparan kebun teh nan indah, sawah terasering, dan sensasi berkendara di tanjakan berbatu dan menerobos sungai. Jika ingin bermalam, bisa di rumah penduduk atau camping ground, agar esok hari bisa menikmati pemandangan indah dari atas canopy trail, jalan-jalan ke Curug Macan, dan lainnya. Beruntung, kalau bisa menyaksikan satwa langka seperti elang jawa dan macan. Menuju ke sana, kamu bisa langsung menuju Kantor Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Desa/Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, terlebih dahulu.

Bagea Awi Dan Heni

Bagea Awi Dan Heni

Lahir di Sukabumi, 31 Agustus 2005. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, masih tercatat sebagai siswi kelas delapan sekolah menengah pertama. Untuk menyalurkan hobi menulis, Bagea menjadi Reporter Cilik sukabumiXYZ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *